Bukan Menakuti, Tapi WHO Sebut Wabah Corona Akan Bertahan Lama di Dunia

Bukan Menakuti, Tapi WHO Sebut Wabah Corona Akan Bertahan Lama di Dunia,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Wabah virus corona (COVID-19) yang sedang merajalela diperkirakan akan tetap ada untuk "jangka waktu yang lama". Setidaknya sampai vaksin virus ditemukan.

"Kami pikir itu akan menjadi virus yang menguntit umat manusia untuk waktu yang cukup lama, sampai kita semua dapat memiliki vaksin untuk melindungi kita," kata utusan khusus untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. David Nabarro, kepada "Meet the Press" NBC.

Ia juga memproyeksikan bahwa kasus corona di Amerika Serikat (AS) bakal terus ada pada musim gugur mendatang, sama seperti banyak negara lain di dunia.

"Akan ada wabah kecil yang akan muncul secara sporadis, dan mereka akan menembus pertahanan kita," tambahnya, sebagaimana dilaporkan CNBC International.

Wabah virus corona sudah menginfeksi 3 juta orang di seluruh dunia. Dari total itu, 100 ribuan orang meninggal dan 400 ribuan orang sembuh, menurut Worldometers. AS menjadi negara dengan kasus corona terbanyak di dunia.

Dalam kesempatan itu, Nabarro juga membahas ancaman Presiden AS Donald Trump terhadap WHO.

"Kami menyukai kemitraan kami dengan Amerika Serikat," katanya. "Akan sangat disayangkan jika sesuatu terjadi untuk mengurangi kerja sama itu."

Sebagaimana diketahui, Trump telah secara terbuka mengkritik WHO. Ia menyebut organisasi yang berbasis di Jenewa, Swiss, tersebut lambat dalam menangani virus dengan serius. Banyak kritikus juga menyebut WHO pro-China, lantaran terlalu mempercayai laporan data corona China yang dianggap palsu oleh AS.

Untuk itu, Trump telah mengancam akan menahan pendanaan AS untuk WHO, yang katanya mencapai hingga US$ 500 juta setiap tahun.

"Seperti yang Anda ketahui, kami memberi mereka sekitar US$ 500 juta setahun, dan kami akan membicarakan hal itu minggu depan. Kami akan banyak bicara tentang itu. Kami akan menahannya," kata Trump pada konferensi pers.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 8644157852957797923

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item