Hal-hal Baik yang Muncul Seiring Wabah Corona: Dari Penurunan Polusi sampai Ketulusan Pada Sesama

Hal-hal Baik yang Muncul Seiring Wabah Corona: Dari Penurunan Polusi sampai Ketulusan Pada Sesama, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ini adalah masa yang kelam bagi jutaan orang di dunia, mengingat virus corona terus menyebar dan menimbulkan banyak kematian. Akibatnya, sejumlah kota dan bahkan negara memblokade wilayahnya, dan banyak orang diminta mengisolasi diri di rumah.

Namun, di tengah kabar-kabar mengkhawatirkan, ada beberapa hal yang dapat memberi harapan.

Tingkat polusi menurun

Ketika sejumlah negara menutup wilayah mereka guna menghentikan penyebaran virus corona, tingkat polusi menurun secara signifikan.

Baik China maupun Italia bagian utara mencatat penurunan drastis nitrogen dioksida—polutan udara yang berbahaya—di tengah pengurangan aktivitas industri serta merosotnya lalu lintas kendaraan bermotor.

Para peneliti di New York juga mengatakan bahwa hasil-hasil awal menunjukkan karbon monoksida—yang utamanya berasal dari mobil-mobil—telah berkurang hampir 50% dibandingkan tahun lalu.

Lantas, karena banyak maskapai membatalkan penerbangan dan jutaan orang bekerja dari rumah, semakin banyak negara di dunia amat mungkin mengalami penurunan tingkat polusi.

Air di kanal-kanal semakin jernih

Seiring dengan penurunan polusi udara, warga Venesia di Italia menyaksikan perbaikan kualitas air pada kanal-kanal di kota mereka.

Lantaran tiada wisatawan yang berkunjung ke kota itu, lalu lintas di kanal-kanal menurun drastis sehingga sedimen dapat berkumpul. Air yang biasanya keruh, kini begitu jernih sampai ikan-ikan dapat terlihat.

Ketulusan

Ada begitu banyak kabar mengenai pemborongan besar-besaran di supermarket dan perseteruan yang dipicu perebutan tisu toilet di tengah kepanikan akibat wabah virus corona. Akan tetapi, wabah tersebut juga mendorong ketulusan warga dan aksi kebaikan di seluruh dunia.

Dua warga New York mengumpulkan 1.300 relawan dalam 72 jam untuk mengantarkan bahan makanan dan obat-obatan untuk kaum lansia dan rentan di kota itu.

Warga Kota New Delhi bertepuk tangan dan membunyikan peralatan dapur di balkon rumah mereka sebagai tanda hormat kepada para staf medis.

Facebook menyebut ratusan ribu orang di Inggris telah bergabung dengan berbagai kelompok untuk menolong sesama warga yang kesusahan akibat virus corona. Sejumlah kelompok serupa juga dibentuk di Kanada, sehingga ada tren yang dikenal dengan istilah "caremongering".

Bahkan sejumlah mahasiswa kedokteran di London bersukarela membantu tenaga medis profesional dengan merawat anak mereka, dan membantu tugas-tugas rumah tangga.

Supermarket-supermarket di Australia tergerak untuk menciptakan "waktu khusus lansia", sehingga para manula dan difabel dapat punya waktu untuk berbelanja dengan tenang.

Orang-orang di berbagai tempat di dunia juga menyumbangkan uang, berbagi resep dan cara berolahraga, mengirim pesan untuk kaum lansia yang harus mengurung diri, serta mengubah tempat usaha menjadi lokasi pendistribusian makanan.

Kebersamaan

Saat virus corona melanda dunia, ada solidaritas yang terbangun di dalam komunitas-komunitas di banyak tempat. Di Italia, ketika karantina wilayah diberlakukan, para warga menuju balkon rumah mereka dan menyanyikan lagu-lagu pendorong semangat.

Seorang instruktur senam di Spanyol memimpin latihan senam dari atap apartemennya. Para pesertanya? Warga sekitar apartemen yang berdiri di balkon masing-masing.

Banyak orang menggunakan waktu selama isolasi untuk bersilaturahmi dengan teman dan kerabat tercinta melalui telepon atau panggilan video. Ada pula sekelompok orang yang menggelar acara joget virtual melalui aplikasi telepon seluler.

Wabah virus corona juga menyoroti pentingnya peranan para pekerja medis dan sejumlah orang di layanan penting.

Ribuan warga di Eropa menuju balkon dan jendela rumah mereka untuk bertepuk tangan, memberi apresiasi kepada para dokter dan perawat yang memerangi virus corona.

Gelombang kreativitas

Ketika jutaan orang berada dalam isolasi, banyak di antara mereka yang menggunakan peluang itu untuk menjadi kreatif. Para pengguna media sosial berbagi mengenai hobi mereka, termasuk membaca, membuat kue, merajut, dan melukis.

Perpustakaan Umum DC di Washington adalah salah satu institusi yang menggelar klub membaca virtual.

Kemudian, koki bintang Michelin asal Italia, Massimo Bottura, meluncurkan serangkaian unggahan di Instagram bertajuk 'Kitchen Quarantine'. Isinya adalah resep-resep dasar untuk dicoba warga yang mengisolasi diri di rumah.

Seorang guru kesenian di Negara Bagian Tennessee, AS, menyiarkan kelas daring bagi anak-anak yang belajar di rumah. Dia mendorong mereka untuk lebih kreatif.

Dan saat banyak ruang publik ditutup, penikmat seni dapat bergabung dengan tur-tur virtual yang ditawarkan berbagai galeri ternama di dunia, seperti Louvre di Paris dan Museum Vatikan di Roma.

Observatorium Sydney di Australia bahkan menawarkan tur langit malam bagi orang-orang yang mengisolasi diri di rumah.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

World's Fact 8203930474582276528

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item