Mengenal Voltaire, Filsuf Paling Berpengaruh di Zaman Prancis Klasik

Mengenal Voltaire, Filsuf Paling Berpengaruh di Zaman Prancis Klasik, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - François-Marie Arouet, atau lebih dikenal dengan nama penanya, Voltaire, adalah penulis dan filsuf Prancis pada Era Pencerahan. Ia lahir pada 21 November 1694.

Voltaire dikenal karena tulisan filsafatnya yang tajam, dukungan terhadap hak-hak manusia dan kebebasan sipil, termasuk kebebasan beragama dan hak mendapatkan pengadilan yang patut (fair trial).

Ia adalah pendukung vokal terhadap reformasi sosial, walaupun Prancis saat itu menerapkan aturan sensor ketat dan ancaman hukuman yang keras bagi pelanggarnya. Ia sering menggunakan karyanya untuk mengkritik dogma gereja dan institusi Prancis pada saat itu.

Meskipun Voltaire dianggap sebagai salah satu tokoh yang paling berpengaruh pada zamannya, sebenarnya ia tidak mendirikan atau mengungkapkan suatu pemikiran filsafat apa pun yang berbeda dari filsuf-filsuf sezamannya.

Ia hanyalah juru bicara zaman Pencerahan (Aufklärung) lewat tulisan-tulisannya yang terpublikasi dengan baik, dan mendapatkan sambutan serta pengakuan luas dari masyarakat.

Voltaire meninggal pada 30 Mei 1778, pada umur 83 tahun.

Related

History 8632433257177940020

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item