Menurunkan Masker ke Dagu ternyata Bisa Berbahaya, Ini Alasannya

Menurunkan Masker ke Dagu ternyata Bisa Berbahaya, Ini Alasannya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Masker merupakan salah satu alat pelindung diri yang wajib digunakan saat bepergian selama pandemi Covid-19. Masker dikenal ampuh menghindarkan kita dari risiko masuknya virus corona lewat hidung dan mulut.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah dalam menggunakan masker. Contohnya dengan menurunkan masker ke dagu. Umumnya, ini dilakukan karena ingin makan dan minum, memudahkan komunikasi dengan orang lain, serta alasan-alasan lainnya.

Padahal, menurunkan masker ke dagu sangat tidak disarankan, lantaran meningkatkan risiko terjangkit virus corona. Seorang dokter spesialis anestesiologi dan dosen di Yale School of Medicine, Shan Soe-Lin, memberikan penjelasannya.

Seperti dilansir dari situs New York Times, Lin mengatakan bahwa masker yang telah digunakan dan diletakkan pada dagu bisa meningkatkan penyebaran virus dengan dua cara. Pertama lewat tidak adanya lagi perlindungan di area penting, yakni hidung dan mulut.

“Ketika Anda tidak menggunakan masker dengan benar, seperti diletakkan di dagu, risiko Anda untuk terinfeksi lebih besar. Terlebih jika Anda dihadapkan dengan banyak orang, sehingga dengan kata lain, tidak ada gunanya menggunakan masker sejak awal,” katanya.

Tingkat risiko lain semakin besar, jika masker yang kita gunakan sudah kotor atau dalam arti telah dihinggapi kuman dan bakteri akibat beraktivitas. “Dengan meletakkan masker yang kotor ke dagu, kuman dan bakteri di dalamnya pun bisa dengan mudah terhirup melalui hidung,” ujarnya.

Untuk kedua alasan tersebut, Lin pun mengimbau agar setiap orang yang akan melepas masker benar-benar melakukannya.

“Bukan sekadar dilepas dan diletakkan pada area dagu, melainkan dicopot dari wajah Anda dan dibuang. Apabila membutuhkannya kembali, gunakan yang baru agar lebih steril,” tuturnya.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Health 9042636181001280872

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item