Nasib Ekonomi Dunia dan Indonesia di Tengah Wabah Corona (Bagian 2)

 Nasib Ekonomi Dunia dan Indonesia di Tengah Wabah Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Nasib Ekonomi Dunia dan Indonesia di Tengah Wabah Corona - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Penutupan parsial atau mini-lockdown adalah pemberlakuan social distancing hanya di daerah lingkup tertentu yang mencatatkan penambahan kasus corona dalam jumlah signifikan.

Contohnya di Beijing, kala muncul kluster penyebaran baru dari sebuah pasar tradisional, hanya 11 kawasan yang diberlakukan lockdown dengan penjagaan ketat aparat selama 24 jam. Tidak seluruh Kota Beijing yang 'dikunci'.

Langkah ini diharapkan mampu mempersempit ruang gerak virus corona hanya di zona merah, sehingga penanganan bisa lebih fokus. Sementara di daerah lain, aktivitas masyarakat tetap berjalan sehingga roda ekonomi terus berputar. Dengan demikian, harapan pemulihan ekonomi tetap terjaga walau tidak setinggi sebelumnya.

Untuk perdagangan hari ini, investor patut mencermati sejumlah risiko. Pertama tentu perkembangan di Wall Street yang menggembirakan. Semoga optimisme investor di New York bisa menyeberangi Samudera Atlantik menuju ke Asia, termasuk Indonesia.

Sentimen kedua tentu seputar pagebluk virus corona. WHO sudah merilis data terbaru penyebaran virus corona global.

Namun, Sekretaris Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, berpesan bahwa kita semua harus waspada. Dia menyatakan, ada sejumlah negara yang awalnya berhasil menekan jumlah pasien baru, tetapi kemudian melonjak lagi karena pelonggaran social distancing.

"Seluruh negara harus mencari keseimbangan antara melindungi masyarakat dan meminimalkan dampak sosial-ekonomi. Hidup dan penghidupan bukan pilihan, mereka bisa berjalan beriringan. Kami mendorong negara-negara untuk berhati-hati dan kreatif dalam mencari solusi, agar masyarakat bisa tetap aman selagi menjalani kehidupan.

"Kami mendorong agar negara-negara meningkatkan pelayanan kesehatan. Pengujian, mengisolasi yang sakit, melakukan pelacakan dan karantina, dan melindungi para pekerja.

“Pada saat yang bersamaan, langkah-langkah ini hanya akan efektif jika masing-masing individu melindungi dirinya dan orang lain dengan cara menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker," jelas Ghebreyesus dalam pembukaan briefing harian WHO, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Sementara di Indonesia, sejauh ini pemerintah masih on track dalam membuka keran aktivitas masyarakat secara bertahap. Ketua Gugus Tugas, Doni Monardo, mengungkapkan, sejumlah kawasan pariwisata sudah boleh mulai beroperasi kembali.

"Dengan persiapan-persiapan secara terukur dan terus menerus oleh pemerintah bersama-sama pemerintah daerah, hari ini saya akan mengumumkan kawasan-kawasan pariwisata alam yang direncanakan akan dibuka secara bertahap. Kawasan pariwisata alam tersebut dapat dibuka secara bertahap sampai dengan batasan pengunjung maksimal 50% dari kapasitas normal," papar Doni.

Namun dengan kurva kasus corona di Indonesia masih cenderung melengkung ke atas, belum melandai, Indonesia tidak boleh berpuas diri dan lengah. Sebab kalau lengah, maka jumlah kasus akan meningkat dengan signifikan. Jika terjadi lonjakan kasus, bukan tidak mungkin Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menjadi momok bagi perekonomian akan kembali diketatkan.

Sentimen ketiga, pelaku pasar perlu mencerna proyeksi ekonomi terbaru. Pada kuartal II-2020, pemerintah sudah memberi prakiraan bahwa ekonomi Indonesia akan mengalami kontraksi -3,1%.

Awalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa ekonomi akan kembali tumbuh positif pada kuartal III-2020 meski hanya mendekati 0%. Dengan begitu, Indonesia bisa terhindar dari resesi karena kontraksi tidak terjadi pada dua kuartal beruntun pada tahun yang sama.

Baca lanjutannya: Nasib Ekonomi Dunia dan Indonesia di Tengah Wabah Corona (Bagian 3)

Related

International 183717193247522308

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item