Perlu Tahu, Inilah Penyebab Orangutan di Hutan Terancam Punah

Perlu Tahu, Inilah Penyebab Orangutan di Hutan Terancam Punah, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Orangutan termasuk hewan vertebrata, yang berarti memiliki tulang belakang. Orangutan juga termasuk hewan mamalia dan primata. Ada dua jenis spesies orangutan, yaitu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan orangutan Sumatera (Pongo abelii).

Ancaman terbesar yang dialami orangutan adalah habitat yang semakin sempit, karena kawasan hutan hujan yang menjadi tempat tinggalnya dijadikan lahan kelapa sawit dan pertambangan, sementara pepohonan ditebang untuk diambil kayunya. Orangutan telah kehilangan 80 persen wilayah habitatnya dalam waktu kurang dari 20 tahun.

Selain itu, orangutan juga sering dilukai atau bahkan dibunuh oleh para petani dan pemilik lahan, karena dianggap sebagai hama.

Jika orangutan betina ditemukan bersama anaknya, induknya akan dibunuh dan anaknya kemudian dijual dalam perdagangan hewan ilegal. Karena beberapa kenyataan itulah kemudian populasi orangutan terancam.

Related

Science 1760791555230371085

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item