Peta Piri Reis, Peta Paling Misterius dan Membingungkan di Dunia

 Peta Piri Reis, Peta Paling Misterius dan Membingungkan di Dunia   naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Peta ini dapat ditemukan di perpustakaan istana Topkapi di Istanbul, Turki. Peta Piri Reis lebih merupakan sebuah enigma (teka-teki) daripada sebuah peta. Tergambar wilayah perairan barat Afrika, bagian timur Amerika Selatan, dan bahkan perairan utara Antartika (walaupun baru ditemukan 300 tahun setelah ditemukannya peta Piri Reis).

Selanjutnya, keanehan peta ini adalah tidak digambarkannya perairan yang berupa hamparan es. Padahal bukti geologis memperlihatkan bahwa benua Antartika masih berupa lapisan es semenjak 4000 SM.

Reis adalah admiral Turki, pelaut terkenal yang memiliki hasrat tinggi terhadap pembuatan dan ekspolarsi pemetaan. Ia menggunakan jabatannya untuk memperoleh akses ke dalam perpustakaan pemerintah di Konstantinopel, untuk memperoleh informasi dan catatan yang ia butuhkan.

Peta tahun 1513, ia membuat peta yang terbuat dari kulit rusa miliknya, dan dikerjakan dengan cara melihat sumber dari hasil pemetaan orang lain, seperti melihat dan memperhitungkanya dengan bantuan peta yang dibuat di zaman Raja Alexander Agung.

Peta Reis terlihat lebih menjelaskan secara detail topografi kawasan Amerika Selatan, terutama dataran Andes, yang tidak terlihat pada peta buatan orang-orang Eropa di tahun 1513.

Related

Science 1576434367835129337

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item