Ternyata Ini Penyebab Dinosaurus Berukuran Sangat Besar

Ternyata Ini Penyebab Dinosaurus Berukuran Sangat Besar,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Meski sebenarnya ada dinosaurus yang berukuran relatif kecil, namun rata-rata dinosaurus berukuran sangat besar. Salah satu yang memiliki ukuran raksasa adalah Seismosaurus. Nama itu berarti “dinosaurus gempa”.

Hewan purba itu memiliki tinggi tubuh antara 39-52 meter. Karena sangat besar, tanah seperti bergoyang terkena gempa ketika hewan itu berjalan. Tetapi, dinosaurus yang berukuran besar semacam itu tidak muncul sejak awal atau secara tiba-tiba.

Pada waktu dinosaurus hidup, keadaan Bumi berbeda dari yang kita saksikan sekarang. Di masa itu, suhu rata-rata sekitar 6 derajat lebih tinggi dibanding suhu sekarang, dan hujan lebih banyak turun.

Dalam lingkungan semacam itu, pohon atau tumbuh-tumbuhan bisa tumbuh sangat besar, khususnya tumbuhan paku-pakuan. Karena itu pula, tubuh dinosaurus pemakan tumbuhan pun lama-lama ikut meninggi, dan lehernya semakin panjang.

Karena pada waktu itu makanan yang tersedia bagi dinosaurus sangat banyak, tubuh dinosaurus jadi mudah gemuk dan bertambah besar. Seiring bertambah besarnya dinosaurus pemakan tumbuhan, dinosaurus pemakan daging ikut bertambah besar juga, karena tuntutan adaptasi.

Jika tubuh mereka terlalu kecil, mereka tentu tidak akan bisa memangsa dinosaurus pemakan tumbuhan. Jadi, kondisi Bumi yang menjadikan dinosaurus jadi sangat besar di masa lampau.

Related

Science 3441469218337616653

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item