Apa yang Terjadi jika Mobil Matik Dipaksa Masuk Gigi Mundur Saat Melaju Cepat? Ini Jawabannya

Apa yang Terjadi jika Mobil Matik Dipaksa Masuk Gigi Mundur Saat Melaju Cepat?  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan mobil transmisi otomatis (matik), tapi apakah pernah melakukan hal ini: memindahkan tuas transmisi secara tiba-tiba dari posisi 'D' (drive/maju) ke 'R' (reverse/mundur) saat melaju 100 km per jam. Kira-kira apa yang akan terjadi pada mobil?

Jawabannya, tidak terjadi sesuatu yang membahayakan jika mobil matik yang digunakan sudah modern.

Bambang Supriyadi, Technical Service Division Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor menjelaskan, pada transmisi otomatis modern, misalnya digunakan pada mobil-mobil Daihatsu, sudah dilengkapi dengan fitur yang disebut fail shift.

Fitur itu mencegah berbagai skenario malfungsi transmisi otomatis, termasuk saat memaksa memindahkan gigi dari D ke R saat mobil sedang melaju. Saat itu terjadi, sengaja ataupun tidak, tuas transmisi akan bisa dipindah ke R namun sistem membaca kesalahan lantas tidak melakukan perpindahan gigi.

Bambang menjelaskan, jika posisi tuas transmisi tetap di posisi R, mobil bakal mundur asal kecepatan mobil turun sampai di bawah 3 km per jam.

"Kalau di matik ada fitur safety. Kalau dalam posisi maju kemudian dipindah mundur tiba-tiba, dia ada minimum speed baru mau pindah posisi," jelas Bambang.

Menurut Bambang memindahkan tuas transmisi ke R bisa saja dilakukan tanpa sengaja. Meski begitu dia bilang memindahkannya cukup sulit lantaran produsen sudah membuat desain khusus penempatan tuas agar tak mudah bergeser.

Ketika tidak sengaja tuas transmisi pindah ke R saat mobil melaju, pengemudi disarankan Bambang cukup memindahkannya kembali ke posisi D. Sistem pengaman bekerja pada berapa pun kecepatan mobil.

Related

Automotive 6080735882544030743

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item