Duh, 52% Pelajar di RI Lemah di Bidang Sains dan Matematika, Kenapa?

Duh, 52% Pelajar di RI Lemah di Bidang Sains dan Matematika, Kenapa? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sekitar 52% pelajar di Indonesia masuk dalam kategori low performer pada ketiga bidang pendidikan yaitu literasi, matematika, dan sains. Ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan capaian negara-negara tetangga.

Hal ini terungkap dalam dokumen Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal Tahun 2021 yang bertajuk Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi.

Ketiga sektor pendidikan itu merupakan hal yang digunakan untuk skor Programme for International Student Assessment (PISA). Skor PISA Indonesia, sejak 2001 belum mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Ketimpangan kapasitas antar daerah dalam mengelola sistem pendidikan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap capaian pendidikan tersebut," jelas dokumen tersebut.

Belum optimalnya performa belajar Indonesia menurut standar internasional Bank Dunia tak lepas dari profesionalisme dan kompetensi guru sebagai pilar utama dalam meningkatkan kualitas peserta didik.

"Meningkatnya kesejahteraan guru melalui pemberian insentif Tunjangan Profesi Guru (TPG) belum sepenuhnya disertai dengan peningkatan profesionalisme dan etos kerja para guru," jelas dokumen itu lagi.

Hasil Ujian Kompetensi Guru (UKG) yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjukkan kualitas guru Indonesia saat yang kurang memadai. Selain itu, disparitas persebaran kualitas guru antar wilayah di Indonesia juga masih cukup lebar.

Related

News 5210790149111041325

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item