Ini 10 Pekerjaan yang Tetap Lancar di Masa Pandemi Corona

Ini 10 Pekerjaan yang Tetap Lancar di Masa Pandemi Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pandemi virus corona (Covid-19) telah mengakibatkan lumpuhnya sektor ekonomi hingga berimbas pemecatan sepihak atau pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi beberapa karyawan di industri atau perusahaan yang terdampak.

Selain banyak perusahaan gulung tikar, ada pula perusahaan yang harus menyetop proses rekrutmen karyawannya. Imbasnya, banyak lulusan baru atau fresh graduate yang susah mendapatkan pekerjaan.

Kementerian Ketenagakerjaan sempat merilis data pada awal Mei (1/5) lalu yang menyebut bahwa setidaknya 2,9 juta pegawai di-PHK karena Covid-19. Dari angka itu, mayoritas datang dari pekerja informal.

Kendati demikian, ternyata masih ada juga beberapa pekerjaan yang justru laku di masa pandemi corona. Meski paradoks, profesi ini memberikan peluang yang besar untuk menghasilkan uang.

Berikut 10 jenis pekerjaan yang masih laku dan patut dicoba di tengah pandemi corona.

Tenaga Kesehatan

Tentu profesi yang satu ini paling dibutuhkan sebagai penolong pasien terinfeksi Covid-19. Bahkan saking banyaknya kebutuhan, pemerintah membuka peluang bagi relawan kesehatan untuk mendaftar, seperti salah satunya relawan perawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

Menjadi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan Covid-19 harus memiliki tekad tulus dan kemauan yang kuat. Pasalnya, tak sedikit dari mereka yang telah gugur akibat terpapar virus corona.

Guru Privat

Guru privat atau tenaga pengajar khusus disebut-sebut sangat laku dalam masa pandemi. Usai pemerintah menerapkan belajar di rumah, sebagian orang tua merasa ikut tertekan karena harus menjadi guru akademik bagi anak-anak mereka di rumah.

Dengan hadirnya guru privat, setidaknya mengangkat sedikit beban orang tua. Sebab menjadi guru dengan penguasaan materi tidak mudah dilakukan.

Bagi Anda yang lulusan sarjana pendidikan, tak ada salahnya mencoba menjadi guru privat selama corona.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, tentunya para guru privat harus mematuhi protokol kesehatan dengan baik, atau jika memungkinkan sistem mengajar tatap muka dapat digantikan dengan pemberian materi secara online.

Psikolog

Psikolog memiliki peran penting dalam memberikan solusi dan 'pendingin pikiran' di tengah situasi tekanan psikis masyarakat yang banyak dirundung kekhawatiran dan parno terserang Covid-19.

Di tengah masifnya pemberitaan media tentang pasien corona yang terus bertambah, hal tersebut bagi sebagian orang menciptakan lemahnya psikis sehingga mengakibatkan kondisi kesehatan ikut drop.

Selain itu kebosanan akibat rutinitas di rumah saja dapat mengakibatkan tekanan pada pikiran. Kehadiran psikolog mampu memberikan tempat meditasi bagi masyarakat untuk berkeluh kesah.

Kurir Barang dan Makanan

Statistik belanja online meroket sejak pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah. Meningkatnya aktivitas belanja online membuat banyak kurir barang yang kewalahan dengan membeludaknya pesanan.

Tak ayal, jika perusahaan ekspedisi merekrut karyawan dalam jumlah banyak untuk memenuhi standar prima pihak ekspedisi dalam ketepatan waktu pengiriman.

Selain itu, kurir makanan via aplikasi daring tampaknya dapat dijadikan pilihan untuk mengisi kekosongan pekerjaan. Pasalnya di tengah pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah, masyarakat memenuhi kebutuhan perutnya dengan memesan makanan via online.

Belum lagi bagi masyarakat yang malas memasak sendiri akibat pemenuhan bahan pokok susah terbeli karena parno pergi ke pasar atau supermarket takut terpapar corona misalnya.

Staf e-commerce

Beberapa marketplace atau e-commerce seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan masih banyak startup marketplace lain membutuhkan beberapa staf, usai melonjaknya pesanan masyarakat dalam aktivitas belanja online.

Dalam hal ini pemenuhan strategi pemasaran dan pemenuhan kebutuhan konsumen terkait penyaluran distributor produk tentu menjadi perhatian khusus saat terjadi lonjakan konsumen di masa seperti ini.

Freelancer

Bagi para pekerja freelance di bidang penulisan kreatif dan desain tentu dapat dijadikan tempat menghasilkan uang yang mengasyikkan. Mengingat kebiasaan bekerja di rumah tak terlalu tergeser dengan rutinitas yang dilakukan bahkan sebelum pandemi virus corona.

Beberapa pemesanan jasa juga cukup lancar jika pekerjaan yang dikerjakan para freelancer mencakup klien dari dalam negeri hingga mancanegara.

Programmer

Programmer juga memiliki prospek kerja yang cukup bagus di tengah pandemi virus corona. Dengan maraknya perusahaan yang menggeser gaya pekerjaan dari manual menuju digital karena dikerjakan dari jarak jauh.

Maka beberapa perusahaan membutuhkan sebuah sistem terintegrasi yang dapat membuat alur kerja lebih mudah, mulai dari pengumpulan data, tanda tangan secara online hingga validasi file lainnya dalam hitungan detik.

Akuntan Publik

Keahlian seorang akuntan yang pandai menghitung dan mengukur pertumbuhan bisnis suatu perusahaan nampaknya patut diperhitungkan. Beberapa perusahaan juga membutuhkan jasa akuntan untuk mengolah data dan proyeksi kebutuhan finansial perusahaan kedepannya.

Pasalnya opini yang disampaikan akuntan publik dinilai lebih netral dibandingkan auditor dari perusahaan asal bekerja.

Oleh sebab itu, biasanya perusahaan membutuhkan seseorang untuk mengaudit secara umum laporan keuangan hingga pelaporan konsekuensi pajak di tengah masa pandemi virus corona seperti saat ini.

Pekerja Konstruksi

Meski terkesan aneh, namun siapa sangka di beberapa portal lowongan kerja tepercaya, banyak perusahaan berbasis konstruksi yang mencari pekerja dengan jurusan teknik sipil.

Beberapa di antaranya dipekerjakan dalam sebuah proyek pembangunan bangunan besar hingga perumahan. Namun tak melulu membutuhkan kualifikasi teknik sipil, dalam hal ini kuli panggul pun banyak dibutuhkan di masa pandemi seperti saat ini.

Produsen Masker Kain

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan masyarakat memakai masker ketika di luar rumah, maka banyak pengusaha masker lahir untuk memenuhi jutaan permintaan masyarakat.

Bagi pencari kerja yang belum memiliki kualifikasi atau pengalaman kerja di bidangnya dan belum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, maka dapat mencoba keberuntungan dengan memproduksi masker dan menjualnya secara online.

Setelah mengetahui 10 profesi yang justru laku di masa pandemi corona tersebut, para pencari kerja dapat menjadikan rekomendasi ini sebagai alternatif pekerjaan atau sekadar menambah pemasukan di masa pandemi corona.

Selain itu, sering update informasi di beberapa portal pekerjaan yang kredibel juga memberikan peluang besar bagi Anda untuk segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Related

Education 5137279670399432037

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item