Jokowi Ungkap Alasan Tunjuk Prabowo Pimpin Proyek Lumbung Pangan

Jokowi Ungkap Alasan Tunjuk Prabowo Pimpin Proyek Lumbung Pangan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Presiden Joko Widodo menjelaskan alasan di balik penunjukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam memimpin proyek lumbung pangan nasional, di Pulau Pisau, Kalimantan Tengah. Menurut Jokowi, ketahanan pangan adalah bagian dari pertahanan nasional.

"Yang namanya pertahanan itu bukan hanya urusan alutsista, tetapi juga ketahanan di bidang pangan menjadi salah satu bagian dari itu," kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Jokowi mengatakan, dalam kunjungan ke Kalimantan bersama Prabowo pekan lalu, Menteri Pertahanan tersebut telah menjelaskan hitung-hitungan anggaran dalam membangun food estate yang ada di Kapuas dan Pulang Pisau.

Jokowi mengatakan langkah membangun lumbung pangan nasional ini karena adanya peringatan dari Food and Agriculture Organization (FAO) terkait krisis pangan dunia. Cadangan pangan strategis perlu dibuat untuk mengantisipasi hal ini.

Jokowi menegaskan kepemimpinan Menhan akan tetap didukung oleh Kementerian Pertanian. "Tetap Mentan kan juga back di situ. Nanti urusan pertanian yang lain, pangan yang lain ya tetap Mentan," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan lahan yang akan digunakan sebagai lokasi lumbung nanti bukanlah lahan gambut. Pemerintah ia sebut telah memeriksa dan memastikan tanah di sana adalah aluvial. Nantinya, lumbung ini akan menjadi cadangan pangan sesuai kebutuhan yang ada.

"Kalau misalnya kekurangan beras ya tanam padi. Kalau kekurangan jagung ya tanam jagung. Kemarin sudah kita cek, jagung bisa, padi bisa. Cabai, tanam di situ," kata Jokowi.

Related

News 6587024812142576341

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item