Benarkah Bawang Bombay Mampu Cegah Corona? Ini Penjelasan Ahli

Benarkah Bawang Bombay Mampu Cegah Corona? Ini Penjelasan Ahli, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Para ilmuwan membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan obat virus corona atau covid-19 yang tergolong jenis virus baru. Di Indonesia, banyak rempah-rempah yang disebut dapat memerangi virus, salah satunya bawang bombay.

Tapi, apa benar bawang bombay bisa mencegah dan memerangi corona?

Verifikasi fakta

Spesialis Farmakologi Klinik, dr. Wawaimuli Arozal, Sp.FK, memastikan bawang bombay tak dapat mencegah virus corona. Klaim bawang bombay dapat mencegah corona hanya mitos.

Ia menyebutkan penjelasan umum soal mencegah virus corona harus dengan mencuci tangan sesering mungkin, physical distancing, dan menjaga dari orang yang sakit.

"Satu lagi, menjaga asupan nutrisi kita tetap seimbang, dengan olahraga juga," katanya.

Meski begitu, dokter Wawaimuli tak membantah bawang bombay memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh seseorang karena kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya.

"Jadi artinya, bisa membantu menangkal patogen yang masuk ke dalam tubuh kita," ujarnya.

Ia melanjutkan kuman atau virus yang berada di paru-paru butuh pengobatan yang lebih kuat untuk penyembuhan. Misalnya antivirus yang spesifik untuk paru-paru tersebut.

"Karena reseptornya ada di situ. Jadi (bawang bombay) tak bisa menyembuhkan atau membantu penyembuhan," katanya.

Related

News 5498667596321124302

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item