Cara Tepat Memakai Face Shield, agar Tak Terkontaminasi Virus Corona

Cara Tepat Memakai Face Shield, agar Tak Terkontaminasi Virus Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Selain masker, face shield atau pelindung wajah juga digunakan sebagai 'tameng' tambahan menangkal virus corona. Sebagaimana pemakaian masker, penggunaan face shield juga harus dipastikan terpasang dengan benar agar tidak terkontaminasi virus atau justru menjadi sarang kuman.

Face shield dipakai untuk melindungi wajah termasuk area bibir yang ditutup masker dan juga mata dari paparan virus dan bakteri.

Berikut cara memakai face shield yang benar.

Tetap memakai masker

Saat memakai face shield, masker harus tetap digunakan. Memakai face shield saja, tanpa memakai masker justru dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus corona karena bagian mulut dan hidung tidak tertutup sepenuhnya.

Studi menunjukkan menggunakan masker efektif mencegah Covid-19. Sedangkan menggunakan masker ditambah dengan face shield akan semakin meningkatkan efektivitas pencegahan dari virus corona.

Tidak menyentuh bagian depan face shield

Saat memakai face shield, jangan menyentuh bagian depan. Bagian depan face shield merupakan bagian yang kontak langsung dengan udara luar. Kuman dan bakteri otomatis bakal langsung hinggap di bagian tersebut.

Oleh karena itu jangan sentuh bagian depan face shield karena dapat membuat kuman yang hinggap menyebar ke tempat lain.

Buka face shield dengan benar

Bukalah face shield dengan tahapan yang benar. Bukan dengan menyentuh bagian depan, melainkan dengan menyentuh bagian gagang agar tangan tak terkontaminasi virus dari bagian depan face shield.

Kurangi melepas face shield

Kurangi aktivitas melepas dan memakai kembali face shield. Semakin sering Anda membuka lalu memakai kembali maka akan membuat risiko penularan meningkat.

Tidak meletakkan face shield sembarangan

Simpan face shield dengan saksama. Jangan meletakkan face shield sembarangan setelah tidak digunakan. Pastikan tempat penyimpanan face shield sudah bersih agar tak ada bakteri dan virus yang menempel.

Bersihkan face shield

Selalu bersihkan face shield sebelum dan setelah digunakan. Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit (Komite PPI RS) RSCM melalui akun instagram menyarankan untuk membersihkan face shield dengan menggunakan alkohol 70 persen.

Membersihkan face shield juga bisa dilakukan dengan detergen dan air, lalu dikeringkan.

Ikuti cara memakai face shield yang benar agar mengurangi risiko terkena virus corona atau Covid-19.

Related

Tips 2773379195291775655

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item