Fakta di Balik Ledakan di Lebanon: Apa yang Memicu Terjadinya Ledakan?

Fakta di Balik Ledakan di Lebanon: Apa yang Memicu Terjadinya Ledakan? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ledakan di Lebanon tengah menjadi perhatian dunia. Dubes Hajriyanto Y. Thohari mengatakan, ledakan tersebut berasal dari bahan sodium nitrat dalam jumlah besar yang disimpan di pelabuhan.

Kepala Keamanan Umum Lebanon dilansir dari Telegraph UK, juga mengatakan ledakan disebabkan oleh kebakaran di gudang bahan yang mudah meledak, termasuk sodium nitrat. Bahan itu disita dari sebuah kapal beberapa bula lalu dan disimpan di pelabuhan Beirut.

Sedangkan, ada pula ribuan ton amonium nitrat yang juga disimpan di dekat pelabuhan kargo kota. Bahan kimia tersebut juga merupakan salah satu komponen utama dalam pembuatan bahan peledak.

Chairil Anwar, dosen MIPA UGM, mengatakan umumnya bahan bom terdapat unsur nitrat. Tetapi, daya ledak dari nitrat tidak terlalu besar, kecuali dalam jumlah yang sangat banyak.

"Ledakan terjadi kalau bahan padat dalam waktu singkat berubah jadi gas. Pemicunya bisa api atau detonator," jelas Chairil Anwar melalui Whatsapp.

Detonator atau alat pemicu adalah sumber panas yang akan memulai proses pembakaran atau reaksi rantai bila dalam hal peledak nuklir. Alat pemicu biasanya berupa bahan peledak yang mudah terbakar dan lebih mudah daripada bahan peledak utamanya.

Dalam kasus ini, daya ledak sodium nitrat seharusnya tak terlalu besar. Begitu pula dengan amonium nitrat yang berada di sekitar pelabuhan. Dilansir dari theconversation.com, amonium nitrat tidak bisa terbakar sendiri.

Amonium nitrat ini bertindak sebagai sumber oksigen yang bisa mempercepat pembakaran dari material lain. Supaya pembakaran terjadi, maka oksigen diperlukan.

Amonium nitrat menyediakan pasokan oksigen yang jauh lebih terkonsentrasi daripada udara di sekitar. Karena itu, amonium nitrat ini efektif sebagai bahan peledak tambahan jika dicampur minyak dan bahan bakar lainnya.

Namun, amonium nitrat bisa terurai dengan sendirinya pada suhu yang cukup tinggi. Proses ini menghasilkan gas termasuk nitrogen oksida dan uap air. Pelepasan gas cepat inilah yang menyebabkan ledakan.

Related

News 9170617086800851903

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item