K-Pop dan Drama Korea Tak Mampu Selamatkan Korsel dari Hantaman Resesi

K-Pop dan Drama Korea Tak Mampu Selamatkan Korsel dari Hantaman Resesi, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Korea Selatan (Korsel) resmi masuk ke jurang resesi menyusul Singapura. Ekonomi Negeri Ginseng itu minus 3,3 persen pada kuartal II 2020 dan minus 1,3 pada kuartal I 2020.

Ini menjadi yang pertama bagi Korea Selatan setelah 17 tahun terakhir ekonominya tumbuh positif. Sebagai informasi, suatu negara disebut resesi jika ekonominya terkontraksi atau minus dalam dua kuartal berturut-turut.

Ekonomi Korea Selatan sebelum ada pandemi virus corona tampak baik-baik saja. Salah satu industri yang menopang ekonomi negara tersebut adalah musik dan film yang sering disebut dengan KPop dan K-Drama.

Selain itu, sektor teknologi dan ekspor juga kerap menyumbang pertumbuhan ekonomi Korea Selatan. Namun, Korea Selatan kini terjerembab ke jurang resesi lantaran aktivitas ekspornya anjlok.

Nilai ekspor Korea Selatan anjlok 16,6 persen atau menjadi yang terparah sejak 1963 silam. Sementara, impornya turun 7,4 persen.

Di sisi lain, tingkat konsumsi masyarakat justru terlihat naik 1,4 persen. Salah satu bentuk konsumsi masyarakat Korea Selatan adalah membeli barang tahan lama, seperti mobil dan peralatan rumah tangga.

"Ekonomi Korea Selatan telah turun sejak 2017 dan guncangan virus corona mempercepat perlambatan ekonomi," tutur Direktur Bank of Korea Park Yang-Soo seperti dikutip dari Asia Nikkei.

Menteri Keuangan Korea Selatan Hong Nam-Ki menyatakan kegiatan ekonomi global yang ditutup akibat pandemi virus corona telah melumpuhkan jalur produksi luar negeri Korea Selatan ke Vietnam dan India. Tak heran, ekspor negara tersebut susut cukup dalam.

Resesi juga terjadi sejalan dengan rencana Presiden Korea Selatan Moon Jae-In menaikkan pajak properti dan penjualan untuk menekan harga rumah, terutama di Seoul. Hal ini membatasi ruang gerak Bank of Korea untuk melonggarkan kebijakan perbankan.

Padahal, Gubernur Bank of Korea Lee Ju-Yeoul mengatakan pentingnya memberikan aliran likuiditas ke sektor-sektor produktif. Hal itu akan membantu dunia usaha kembali beroperasi.

"Yang paling penting adalah kami memiliki banyak tempat produktif yang dapat menarik investasi," pungkasnya.

Related

News 4427700937678268269

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item