Pakar Unpad: Konsumsi Manggis Bisa Tingkatkan Imunitas untuk Cegah Corona

Pakar Unpad: Konsumsi Manggis Bisa Tingkatkan Imunitas, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Dosen Fakultas Farmasi Unversitas Padjadjaran (Unpad) Nasrul Wathoni menyatakan buah manggis punya kandungan yang berpotensi mencegah virus korona (covid-19). Manggis bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Lalu manfaat kulitnya yang memiliki bahan aktif xanthone lebih besar dapat berperan sebagai antioksidan, antimikroba, antiinflamasi/radang, obat diabetes melitus, antikanker, dan antiaging," kata Nasrul melalui keterangan tertulis.

Nasrul menjelaskan, melalui suplemen diet manggis untuk meningkatkan kekebalan tubuh, hasilnya menunjukkan bahwa asupan produk yang kaya akan antioksidan secara signifikan akan meningkatkan respons imun. Dengan kata lain, secara klinis, manggis memiliki antioksidan yang tinggi.

"Jika dihubungkan dengan penelitian lainnya, manggis dapat meningkatkan proteksi terhadap kanker dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena dapat membunuh bakteri, parasit, dan virus sehingga imun akan meningkat," paparnya.

Penjelasan ini disampaikan Nasrul dalam seminar daring dan lokakarya bertajuk 'Potensi Manggis dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru' yang digelar Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Integratif Unpad 2020. Selain Nasrul, narasumber lain dalam kegiatan ini yaitu Dosen Fakultas Kedokteran Unpad Ronny Lesmana.

Dalam paparannya, Ronny menjelaskan mengenai pentingnya persiapan diri masyarakat untuk menghadapi pandemi covid-19. Ia menjelaskan, pengetahuan akan dampak covid-19 mampu membuat masyarakat bertindak untuk menerapkan hidup sehat.

Ahli fisiologi Unpad ini menjelaskan, tubuh tidak akan terkontaminasi virus korona jika melakukan olahraga yang dapat meningkatkan level imunitas. Caranya, dengan menentukan intensitas yang tepat dan durasi yang tepat.

"Dengan begitu dapat meningkatkan cytotoxic T dan NK-cell atau system inflamantory di dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas," kata Ronny.

Ronny juga mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat berolahraga, seperti menggunakan masker, membawa hand sanitizer, tidak menyentuh permukaan benda, serta menghindari keramaian. Jika ingin mengajak teman, ajak orang yang tinggal serumah, serta tidak menyentuh area wajah, terutama mata, hidung, dan mulut.

Usai seminar, peserta diajak untuk mengikuti dua lokakarya. Lokakarya pertama adalah pemanfaatan ekstrak kulit manggis sebagai sabun cair dan gel antiseptik dengan pemateri Nasrul, yang juga Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN Manggis. Kemudian, lokakarya kedua yaitu olahan pangan fungsional dari kulit manggis dengan pemateri tim KKN Unpad.

Related

News 7941647457042874225

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item