Tim Medis WHO Siapkan Tim Internasional untuk Selidiki Asal Usul Virus Covid-19

Tim Medis WHO Siapkan Tim Internasional untuk Selidiki Asal Usul Virus Covid-19, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Tim medis pendahulu dari lembaga kesehatan dunia WHO bakal bertugas selama tiga pekan di Cina untuk menelusuri awal mula virus Covid-19.

Tim ini terdiri dari dua orang spesialis dalam bidang kesehatan hewan dan epidemiologi. Keduanya bertugas menyiapkan landasan kerja untuk tim yang lebih besar dan terdiri dari pakar kesehatan internasional dan Cina.

“Para pakar itu nantinya akan mencari tahu dan mengungkap bagaimana virus Covid-19 itu melompati batasan dari hewan ke manusia,” begitu dilansir Reuters.

Juru bicara WHO, Christian Lindmeier, belum menjelaskan detil komposisi misi tim ahli yang lebih luas itu.

Rujukan untuk pembentukan tim medis internasional yang lebih luas ini telah dibuat bersama otoritas Cina dalam bentuk rancangan awal, yang belum dipublikasikan.

Komposisi anggota tim internasional ini menjadi isu yang sensitif. Ini karena jika tim tidak melibatkan pakar dari AS maka itu akan menjadi kontroversial.

Sedangkan isu akses dari Beijing juga akan menjadi sorotan mengenai seberapa luas akses kepada tim internasional diberikan dalam menelusuri awal pandemi ini.

Sebelumnya, Presiden AS, Donald Trump, dan Menlu AS, Mike Pompeo, mengatakan patogen virus Covid-19 ini kemungkinan berasal dari laboratorium di Wuhan, Cina.

Namun, keduanya tidak memberikan bukti pendukung soal tudingan itu.

Pemerintah Cina telah membantah keras adanya kebocoran Covid-19. Sedangkan lembaga intelijen AS mengatakan virus itu berasal dari alam.

Pakar Kedaruratan WHO, Mike Ryan, mengatakan ada kemungkinan terjadi kejutan dari investigasi medis soal asal muasal virus Corona atau Covid-19.

“Faktanya, alarm kebakaran berbunyi di Wuhan bukan berarti bahwa itu adalah lokasi awal perpindahan hewan ke manusia,” kata Ryan.

Related

News 2025354726264154920

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item