Viral Calon Taruna Akpol Divonis Covid, Polri Minta Coba Lagi Tahun Depan

Viral Calon Taruna Akpol Divonis Covid, Polri Minta Coba Lagi Tahun Depan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Awi Setyono mengatakan calon taruna yang gagal masuk Akademi Polisi (Akpol), terutama karena positif Covid-19, sebaiknya kembali mendaftar tahun depan.

"Yang lulus adalah yang memenuhi syarat. Tidak mungkin orang sakit diterima. Walaupun OTG (Orang Tanpa Gejala) kan bisa menularkan Covid-19," ujar Awi dalam keterangannya.

"Kalau sudah tidak sakit, silakan daftar lagi tahun depan, karena keputusan panitia seleksi itu bersifat mutlak dan final," imbuhnya.

Jenderal bintang satu Polri itu juga menjelaskan tiap Panitia Daerah (Panda) penerimaan calon Akpol telah menentukan kuota masing-masing untuk bisa ikut seleksi di Panitia Pusat (Pansus).

"Dari tingkat panda (panitia daerah) siapa yang memenuhi syarat dan lulus yang diberangkatkan utk ikut seleksi tes di pansus (panitia pusat), berapa dan siapa yang berangkat sesuai kuota kirim dan ranking, itu sudah ada mekanismenya," kata Awi.

Awi menjawab itu untuk merespons utas di akun Twiter @siap_abangjagoo yang viral. Dalam rangkaian cuitan tersebut, seorang calon taruni disebutkan gagal melanjutkan seleksi Akpol karena dinyatakan positif Covid-19. Sementara itu, ketika melakukan tes swab mandiri setelahnya adalah negatif Covid-19.

Sebagai informasi, sang pemilik akun mengaku bahwa dia telah mendaftar di Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri).

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Harry Goldenhardt membenarkan mengenai nama calon taruna/taruni yang gagal diberangkatkan karena terkonfirmasi positif Covid-19

"Yang tidak diberangkatkan itu ada dua (orang) karena terkonfirmasi positif Covid-19," ujar Harry.

Lebih lanjut Harry menjelaskan kejadian penolakan ini bukan hanya terjadi di Polda Kepri melainkan terjadi juga di Polda-Polda lain.

"Silakan dicek ke Polda-Polda lain seperti Aceh, Kalimantan Timur. Di Kalimantan Timur itu ranking satu terpaksa tidak diberangkatkan karena terkonfirmasi positif Covid-19. Bisa cek di Gorontalo, Polda Metro Jaya, Sumatera Utara, terjadi juga hal seperti ini," kata Harry.

Related

News 129472438057298762

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item