Xiaomi Akan Bikin Ponsel Canggih dengan Kamera Selfie Tak Kasat Mata

Xiaomi Akan Bikin Ponsel Canggih dengan Kamera Selfie Tak Kasat Mata, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kabar mengejutkan hadir dari Xiaomi. Vendor smartphone asal China tersebut mengumumkan, mereka siap menghadirkan kamera selfie di bawah layar tahun depan.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Presiden Xiaomi, Shou Zi Chew. Dalam sebuah kicauan Twitter, ia menyebut bahwa pihaknya akan menaruh teknologi kamera selfie di bawah layar itu "ke dalam produksi massal tahun depan."

"Kami dengan bangga mempersembahkan mahakarya terbaru dari para insinyur Xiaomi kami: Teknologi Kamera Bawah Layar Generasi ke-3!" kata Chew.

"Tampilan layar penuh yang sebenarnya sudah dekat! Kami berencana memasukkan ini ke dalam produksi massal tahun depan. Tetap disini!" sambungnya.

Dalam kicauan tersebut, Chew menyertakan sebuah video yang menampilkan dua buah smartphone dengan desain layar yang mirip, namun berbeda.

Smartphone yang satu masih memiliki apa yang Xiaomi sebut sebagai DotDisplay, di mana terdapat punch hole di bagian kiri atas layar sebagai 'rumah' kamera depan. Sedangkan smartphone yang satunya lagi hanya menampilkan layar utuh yang terlihat tanpa memiliki kamera selfie.

Meski tak memiliki punch hole, video itu menunjukkan bahwa smartphone tetap dapat menangkap gambar selfie meski tak ada mekanisme kamera pop-up. Hal itu menunjukkan bahwa ia memiliki kamera di bawah layar.

Menarik untuk melihat siapa produsen smartphone pertama yang bakal memiliki teknologi kamera di bawah layar. Selain Xiaomi, ada Samsung dan Oppo yang diketahui telah memiliki teknologi serupa dalam bentuk prototipe atau purwarupa. Oppo bahkan telah menunjukkan prototipe tersebut pada 2019.

Kehadiran kamera selfie di bawah layar memang telah diprediksi akan datang dalam waktu dekat. Menurut pengamat gadget, Lucky Sebastian, kita bisa melihat tanda-tanda kemunculannya dari tren kamera punch hole yang lebih laris dipakai ketimbang pop-up pada tahun 2020 ini.

"Punch-hole kamera ini menjadi cikal bakal under screen camera, yang prototype-nya sudah ditampilkan Oppo, Vivo, Xiaomi, dan banyak brand lain juga berusaha menguasai teknologinya," kata Lucky dalam sebuah wawancara, April 2020.

Kamera selfie di bawah layar sendiri pada dasarnya mengadopsi teknologi kamera punch hole. Bedanya, kamera selfie di bawah layar memiliki satu lapisan transparan di atas punch hole tersebut.

Dengan teknologi ini, layar smartphone pengguna lebih jernih tanpa gangguan punch hole ataupun notch yang sudah mulai ditinggalkan sejak 2019. 

Teknologi kamera selfie di bawah layar juga bertujuan untuk mengatasi masalah yang dimiliki mekanisme pop-up. Meski sama-sama membuat layar tanpa gangguan, kamera pop-up membuat bobot perangkat lebih berat, moving parts yang gampang rusak, hingga smartphone tak bisa dibuat tahan air dan debu atau IP68.

Related

Technology 4864313863852253248

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item