Cek Fakta: Benarkah Anies Baswedan Mendapat Tiga Penghargaan dari KPK sebagai Gubernur Terbaik?

Cek Fakta: Benarkah Anies Baswedan Mendapat Tiga Penghargaan dari KPK sebagai Gubernur Terbaik?

Naviri Magazine - Ada klaim yang menyatakan tidak ada stasiun televisi yang memberitakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat tiga penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Klaim tidak ada stasiun yang memberitakan Anies mendapat tiga penghargaan dari KPK tersebut dimuat akun Facebook Matahari, pada 24 September 2020.

Unggahan tersebut berupa foto Anies yang sedang memegang tiga piala, pada foto tersebut terdapat tulisan sebgai berikut:

"Foto Anies Boyong Penghargaan Dari KPK Viral" dan "Berhubung Indonesia Tdk punya TV Karena tdk ada yang menanyangkan, mari kita viralkan di medsos : Anies Raih 3 penghargaan dari KPK atas kinerja pemberantasan korupsi di Jakarta.....Alhamdullilah."

Benarkah tidak ada televisi yang memberitakan Anies mendapat tiga penghargaan dari KPK?

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim tidak ada stasiun televisi yang memberitakan Anies mendapat tiga penghargaan dari KPK menggunakan Google Search dengan kata kunci 'anies dapat 3 penghargaan dari kpk'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Pemprov DKI Jakarta Raih 3 Penghargaan dari KPK" yang dimuat situs kompas.tv, pada 10 Desember 2018.

Situs tersebut menayangkan video siaran Kompas Siang yang memberitakan tentang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang meraih tiga penghargaan dari KPK.

Berikut keterangannya:

"Berkaitan dengan peringatan hari anti korupsi sedunia, pekan lalu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil memboyong 3 penghargaan dari KPK. Pemprov DKI berhasil membuktikan menjadi pemerintah daerah yang disiplin dalam menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara hingga melaporkan gratifikasi yang mencapai Rp23 miliar.

“Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan naik ke atas panggung hingga 3 kali. Yang pertama bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan 4 perwakilan pemda lain, Anies Baswedan menerima penghargaan dari KPK sebagai pemerintah daerah yang paling disiplin menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

“Anies kembali naik panggung untuk menerima penghargaan KPK sebagai daerah yang paling banyak melaporkan gratifikasi sepanjang 2018 dan 1 lagi penghargaan terkait aplikasi pelayanan publik.

“Dengan 3 penghargaan ini Gubernur Anies berterima kasih kepada jajarannya di Pemprov DKI Jakarta dan ini menjadi bukti komitmen Pemprov DKI melawan korupsi."

Penelusuran juga mengarah pada akun YouTube resmi tvOneNews yang mengunggah video berjudul "Jadi yang Terbaik, DKI Jakarta Raih Tiga Penghargaan di Hari Anti-Korupsi Sedunia" yang dimuat, pada 10 Desember 2018.

Akun YouTube resmi tvOneNews memuat siaran Kabar Petang yang memberitakan KPK memberikan tiga penghargaan untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, penghargaan yang diterima meliputi Laporan Harta Kekayaan Negara (LHKPN), gratifikasi setya dan aplikasi pelayanan publik.

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta, klaim tidak ada stasiun televisi yang memberitakan Anies mendapat tiga penghargaan dari KPK tidak benar.

Sejumlah stasiun televisi telah menyiarkan pemberintaan Anies mendapat tiga penghargaan dari KPK, di antaranya TvOne dan Kompas Tv.

Related

News 3623905547053823877

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item