Ini 7 Hal yang Bisa Membantu Mengatasi Maag atau Asam Lambung

Ini 7 Hal yang Bisa Membantu Mengatasi Maag atau Asam Lambung

Naviri Magazine - Sakit maag adalah sakit yang sangat umum, tetapi juga relatif mudah diobati jika mau memantau makanan apa yang memperparah kerongkongan. Sakit ini bisa diobati dengan perubahan gaya hidup.

Sakit maag dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk segala sesuatu mulai dari makanan pedas hingga kafein dan genetika, jadi seringkali sulit untuk mengetahui apa yang akan memicu refluks asam pada lambung.

Untungnya, ada banyak cara untuk meredakan sakit maag tanpa beralih ke obat bebas atau obat resep. Bahkan kita bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dalam rumah. Dikutip dari selecthealth.org, berikut beberapa cara meredakan sensasi terbakar secara alami dan cepat:

Soda kue 

Perhatikan baik-baik, yang dimaksud adalah baking soda dan bukan baking powder.  Soda kue tidak mahal dan sangat alami. Cukup larutkan satu sendok teh soda kue ke dalam secangkir air. Soda kue akan membantu menetralkan asam.

Catatan: Soda kue mengandung natrium, konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang menjalani diet rendah natrium.

Jus lidah buaya 

Jus lidah buaya dijual di sebagian besar toko bahan makanan. Sama seperti lidah buaya yang digunakan untuk meredakan kulit yang terbakar sinar matahari, jus lidah buaya dapat membantu meredakan iritasi yang disebabkan oleh refluks asam.

Jika Anda mengalami mulas, ada baiknya untuk membiasakan minum ½ cangkir jus lidah buaya sebelum makan untuk menjaga perut dan kerongkongan Anda tetap tenang.

Permen karet bebas gula

Air liur membantu mengencerkan asam, jadi meningkatkan jumlah produksi air liur setelah makan adalah cara yang bagus untuk membantu mencegah produksi asam. Cobalah mengunyah permen karet selama 30 menit untuk mengurangi mulas.

Cuka apel 

Cuka apel bisa menjadi obat favorit semua orang. Cuka apel dapat membantu meringankan mulas. Campurkan tiga sendok teh cuka sari apel dalam secangkir air, lalu minum sebelum makan atau sebelum tidur. Rasanya memang tak terlalu enak, tapi ingat selalu khasiatnya.

Makan pisang

Pisang mengandung antasida alami. Mulailah makan pisang setiap hari untuk membantu menangkal refluks asam. Jika Anda tidak punya pisang, apel sudah cukup.

Berhenti merokok 

Merokok akan membuat refluks asam Anda semakin parah, dan merokok akan memperburuk kerongkongan Anda, dan membuat semuanya sakit. Sekarang saat yang tepat untuk berhenti.

Perubahan gaya hidup 

Jika Anda kelebihan berat badan, lakukan sedikit perubahan pada diet. Meningkatkan aktivitas fisik juga dapat meredakan sakit pada lambung.

Hilangkan makanan yang memicu mulas seperti makanan berlemak atau pedas, kafein, cokelat, atau minuman berkarbonasi. Menghilangkan ini dari diet Anda dapat menghilangkan masalah sama sekali.

Related

Tips 7031424713670026985

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item