Kisah Persaingan Superhero DC dan Marvel Sejak Awal Berdiri (Bagian 1)

Kisah Persaingan Superhero DC dan Marvel Sejak Awal Berdiri

Naviri Magazine - Menurut data, 80% pasar superhero dunia dikuasai oleh DC dan Marvel. Jadi tak diragukan lagi bahwa DC dan Marvel adalah pemimpin di dunia superhero. Persaingan di antara mereka pun sudah berlangsung hampir 80 tahun!

Tentu banyak kisah menarik untuk dibahas sepanjang 80 tahun itu, dan berikut ini di antaranya.

DC berdiri tahun 1934

DC berdiri pada tahun 1934, dengan nama awal National Allied. Produk pertama mereka adalah majalah komik berjudul More Fun Comics, yang membahas cerita-cerita humor lucu Superhero. Karakter generasi 1 yang diciptakan DC antara lain Green Arrow, Aquaman, Superboy, Spectre, dan Johnny Quick.

Marvel berdiri tahun 1940

Marvel berdiri antara tahun 1939 dan 1940, dengan nama awal Timely Publications. Produk pertama mereka ternyata bukan komik superhero, melainkan komik misteri berjudul Marvel Mystery Comics. Sejauh itu, belum ada karakter superhero yang mereka ciptakan.

Lahirnya Superman dan Batman tahun 1938-1939

Menjelang tahun 1940, DC merilis 2 komik terkenal yang sangat booming di pasaran, yakni Detective Comics (yang menginspirasi Marvel membuat komik misteri) dan Action Comics (yang menginspirasi Marvel membuat komik superhero).

Pada tahun 1938, tokoh Superman muncul dalam Action Comics Edisi 1. Pada tahun 1939, tokoh Batman muncul dalam Detective Comics Edisi 27. Kedua tokoh itu langsung jadi tokoh fiksi nasional Amerika.

Marvel mengikuti jejak DC, membuat komik superhero

Gara-gara Detective Comics, Marvel membuat komik Marvel Mystery Comics. Lalu gara-gara Action Comics, Marvel pun ikut-ikutan membuat komik superhero pada tahun 1941, dengan judul Captain America.

Karakter generasi 1 yang diciptakan Marvel antara lain Captain America, Miss America, Whizzer, dan The Vision. Tak ada dari mereka yang mampu mengalahkan popularitas superhero DC, hanya Captain America yang mampu mendekati.

DC: Perubahan nama tahun 1977

Setelah cukup lama memakai nama National Allied, mereka berubah nama menjadi National Comics pada tahun 1946, dan baru menjadi DC Comics pada tahun 1977. DC adalah singkatan Detective Comics, yang merupakan komik tersukses perusahaan tersebut.

Marvel: Perubahan nama tahun 1961

Setelah cukup lama memakai nama Timely Publications, mereka berubah nama menjadi Atlas Comics pada tahun 1950-an, dan baru menjadi Marvel Comics pada tahun 1961. Marvel diambil dari nama Marvel Mystery Comics, yang merupakan komik tersukses perusahaan tersebut.

Lahirnya Justice League pada tahun 1960

Melihat kesuksesan Superman dan Batman, DC pun merilis superhero-superhero baru seperti Wonder Woman, The Flash, dan Green Lantern. Lalu, mereka mendapatkan ide untuk menyatukan para superhero dalam 1 komik, karena belum ada perusahaan yang membuat hal seperti itu sebelumnya.

Maka, pada tahun 1960, mereka pun menciptakan Justice League yang menggabungkan superhero terbaru seperti Wonder Woman, The Flash, dan Green Lantern, dengan superhero yang lebih tua, yakni Superman dan Batman, serta menghidupkan kembali superhero paling awal dalam sejarah komik Amerika, yakni Green Arrow dan Aquaman.

Lahirnya Fantastic Four pada tahun 1961

Terpesona dengan Justice League yang menyajikan aksi beberapa superhero berbeda-beda kekuatan dalam 1 tim, Marvel ikut-ikutan membuat hal serupa, dengan melahirkan Fantastic Four yang beranggotakan Mr. Fantastic, Invisible Girl, Human Torch, dan The Thing. Komik ini sukses besar di pasaran dan mampu mengguncang kejayaan DC.

DC: Teen Titans dan masa penurunan

Pada tahun 1964, DC merilis komik Teen Titans yang beranggotakan Robin, Wonder Girl, Supergirl, Raven, Beast Boy, Bunker, dan Spears, untuk mengikuti kesuksesan Justice League. Walau cukup sukses di pasaran, tapi generasi emas Marvel yang lahir dari tahun 1962 sampai 1964 terlalu dahsyat untuk ditandingi.

Marvel: Spider-Man dan The Avengers menghancurkan DC

Setelah dikritik karena dianggap tidak mampu menghasilkan karakter yang orisinal, Marvel menjawabnya dengan melahirkan superhero baru yang kelak menjadi satu-satunya superhero Marvel yang mampu menandingi ikon Superman dan Batman. Karakter tersebut tak lain dan tak bukan adalah The Amazing Spider-Man, yang lahir tahun 1962.

Seperti kita tahu, si manusia laba-laba ini sukses besar di pasaran, dan komiknya menjadi komik Marvel paling sukses sampai hari ini.

Belum selesai penderitaan DC, Marvel berturut-turut merilis Hulk dan Iron Man, kemudian mempertemukan mereka dengan Captain America di komik fenomenal The Avengers pada tahun 1964. Hasilnya, kiamat bagi DC.

Baca lanjutannya: Kisah Persaingan Superhero DC dan Marvel Sejak Awal Berdiri (Bagian 2)

Related

Entertaintment 5849698994431064817

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item