Klaster Keluarga Jadi Penularan Covid-19, Ini Tips Agar Satu Rumah Aman dan Sehat Semua

Klaster Keluarga Jadi Penularan Covid-19, Ini Tips Agar Satu Rumah Aman dan Sehat Semua

Naviri Magazine - Klaster terbaru dari penyebaran virus corona, yakni klaster keluarga, tengah meresahkan masyarakat. Hal tersebut pun seiring dengan semakin bertambahnya kasus positif Covid-19 lantaran salah satu anggota keluarga menularkan pada yang lainnya.

Dengan potensi penyebaran virus SARS-CoV-2 di rumah yang dihuni seorang keluarga, tentunya penting bagi anak maupun orang tua untuk berjaga-jaga lewat tetap memperhatikan protokol kesehatan saat berada di tempat tinggal masing-masing.

Lalu, protokol kesehatan apa yang dimaksudkan itu? Situs CDC dan Mayo Clinic pun menyebutkan beberapa diantaranya.

Selalu mandi usai beraktivitas di luar rumah

Di era new normal pandemi Covid-19 ini, banyak orang mulai beraktivitas di luar rumah seperti sedia kala. Namun, tetap penting bagi kita untuk menjaga keluarga di rumah sepulang dari berkegiatan.

Salah satu caranya ialah dengan langsung mandi sesampainya di rumah. Sebaliknya, jangan sekalipun menyentuh benda-benda ataupun keluarga Anda di rumah sebelum dipastikan semuanya bersih dan bebas kuman.

Menerapkan cara batuk dan bersin yang benar

Apabila Anda sedang dalam kondisi tidak enak badan, misalnya flu, pastikan Anda mengerti etika batuk dan bersin yang benar. Ini dilakukan dengan cara menutup area mulut dan hidung menggunakan tisu atau mengarahkan wajah ke lengan. Jangan lupa pula menggunakan masker jika dibutuhkan.

Lebih tegas dalam menerima tamu

Tak bisa dipungkiri, rasa rindu dengan saudara dan teman-teman pasti ada. Sebab selama pandemi, kita memang sulit bertemu dengan mereka lantaran berbagai pembatasan sosial. Hal ini membuat Anda sesekali melonggarkan pertemuan dan kunjungan orang-orang tersayang ke rumah.

Padahal perlu dipahami, kita tidak pernah tahu apakah mereka dalam kondisi sehat atau tidak. Apabila salah satu dari tamu yang datang positif Covid-19, itupun meningkatkan risiko seluruh anggota keluarga Anda terjangkit pula. Untuk itu selama pandemi ini, lebih tegaslah dalam menerima kunjungan.

Selalu menjaga imunitas tubuh

Setiap anggota keluarga bertanggung jawab atas imunitas tubuhnya masing-masing. Sebab, kekebalan tubuh berperan penting dalam melindungi diri dari risiko terjangkit Covid-19.

Ada baiknya, anak maupun orang tua sama-sama mengkonsumsi makanan yang bergizi, minum vitamin, hingga rajin berolahraga. Seluruhnya berkontribusi dalam menjaga imunitas supaya jika skenario terburuk salah satu anggota keluarga menjadi pembawa virus corona, tak ada orang serumah pun yang terjangkit Covid-19.

Related

Tips 4830059583438280856

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item