Survei: 90 Persen Calon Pembeli Rumah Ingin Suku Bunga KPR Turun, agar Cicilan Lebih Ringan

Survei: 90 Persen Calon Pembeli Rumah Ingin Suku Bunga KPR Turun, agar Cicilan Lebih Ringan

Naviri Magazine - Pandemi Covid-19 berdampak besar pada sektor properti. Berdasarkan Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2020, 51 persen pencari rumah menganggap membayar uang muka adalah hambatan yang paling berat.

Sementara itu, 90 persen pencari rumah menginginkan pemerintah menurunkan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) agar cicilan bulanan bisa lebih ringan.

"Hasil survei kali ini diperoleh berdasarkan 1.007 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan pada bulan Januari hingga Juni 2020. Survei ini dilakukan oleh Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di tanah air," ujarnya dalam siaran pers.

Menurut hasil sigi yang sama, 85 persen responden menyatakan bahwa lokasi adalah faktor utama yang dipertimbangkan ketika akan membeli hunian. Selain itu, 47 persen responden juga menginginkan hunian yang memiliki kedekatan dengan fasilitas transportasi umum dan 47 persen responden ingin rumah yang memiliki waktu tempuh 5 hingga 10 menit menuju sarana transportasi umum.

Data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) dinilai memiliki akurasi tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia.

Data ini diramu dari hasil analisis dari 400.000 listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menuturkan berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index Kuartal 3 2020, Bogor adalah salah satu wilayah yang banyak diincar oleh pembeli dari kalangan menengah dan menengah bawah di wilayah penyangga Jakarta.

Alasannya harganya relatif rendah, namun memiliki sarana transportasi lebih memadai dan lebih beragam. Median harga rumah tapak di kawasan Bogor mencapai Rp8,7 juta per meter persegi.

Rumah.com Consumer Sentiment Study merupakan survei berkala yang diselenggarakan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com bekerja sama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura.

Related

Property 8746205853850561766

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item