Mengapa Benda-benda yang Digosok Bisa Menghasilkan Listrik?

Mengapa Benda-benda yang Digosok Bisa Menghasilkan Listrik?

Naviri Magazine - Setiap zat tersusun atas atom-atom. Dengan demikian, muatan listrik suatu zat tergantung dari jenis muatan listrik atom-atomnya. Jika atom-atom benda lebih cenderung melepaskaan elektron, maka zat yang disusunnya lebih cenderung bermuatan positif.

Sebaliknya, jika atom-atom benda lebih cenderung menangkap elektron, maka zat yang disusunnya cenderung bermuatan negatif. Dengan demikian, muatan listrik sebuah benda sangat tergantung dengan muatan listrik atom-atom penyusunnya.

Bagaimana cara membuat benda bermuatan listrik?

Menggosok penggaris plastik dengan kain wool, dan penggaris jadi bermuatan listrik jenis negatif. Menggosok kaca dengan kain sutera, menjadikan kaca bermuatan listrik jenis positif.

Mengapa dengan menggosokkan benda ke benda lain dapat membuat benda bermuatan listrik? Apakah semua benda jika digosok akan bermuatan listrik?

Muatan listrik pada sebuah benda sangat dipengaruhi olah muatan listrik atom-atom penyusunnya. Ada atom-atom yang cenderung melepas elektron, tetapi ada juga atom-atom yang cenderung mengikat elektron.

Jika dua benda tersusun dari atom-atom yang memiliki perbedaan sifat tersebut saling digosokkan, maka interaksi itu akan lebih mudah membuat benda bermuatan listrik.

Jika kain sutera digosokkan pada kaca, elektron-elektron kaca akan berpindah menuju sutera, sehingga kaca bermuataan positif. Sementara itu, kain sutera jadi bermuatan negatif karena mendapat tambahan elektron.

Jika kain wool digosokkan pada plastik, maka elektron-elektron kain wool akan berpindah menuju plastik, sehingga plastik bermuataan negatif. Sementara kain wool jadi bermuatan positif karena kehilangan elektron-elektronnya.

Related

Science 4514042070638326877

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item