Sudah Terima Bantuan Rp 600? Ini Ide Bisnis yang Bisa Dicoba dengan Modal Segitu

Sudah Terima Bantuan Rp 600? Ini Ide Bisnis yang Bisa Dicoba dengan Modal Segitu, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Bantuan subsidi gaji sebesar Rp600 ribu per bulan bagi tenaga kerja bergaji di bawah Rp5 juta bisa dimanfaatkan untuk memunculkan sumber pendapatan baru yang dikerjakan secara sampingan. Alternatif bisnis yang menguntungkan di kala pandemi covid-19 bisa jadi pilihan.

Perencana keuangan Mike Rini Sutikno mengatakan bahwa sebelum memanfaatkan bantuan Rp600 ribu tersebut untuk memulai bisnis baru ada baiknya mengecek kembali pengeluaran. Apabila pengeluaran tersebut bisa diatasi sepenuhnya hanya dari gaji, bisnis sampingan dari dana hibah penggunanya akan lebih leluasa.

"Hati-hati jangan sampai terima Rp600 ribu langsung buat jajan karena berasa ada rezeki nomplok," kata Mike.

Sejauh ini, pandemi covid-19 cenderung akan membawa pada dampak krisis ekonomi yang cukup panjang masih perlu dipertimbangkan. Mempersiapkan finansial secara mandiri jadi pilihan terbaik apabila perusahaan yang menjadi naungan mata pencaharian, kondisinya juga tengah tertekan.

"Tidak boleh bergantung pada gaji kita saja, harus ada sumber pendapatan lain karena yang namanya perusahaan tempat kita bekerja tidak ada kepastian bahwa kita akan terus bekerja di situ selamanya. Jangan-jangan besok kena PHK, atau besok kena covid-19 sehingga kita kehilangan kemampuan bekerja," ungkapnya.

Ide bisnis bisa dimulai dengan modal minim seperti olahan masakan atau camilan, serta fesyen. Mike menuturkan bahwa penerima subsidi Rp600 ribu bisa memanfaatkan dananya untuk mengelola bisnis yang perputaran uangnya cepat.

"Bisa dimulai dengan cepat di rumah, tidak butuh modal besar dan bisa gunakan peralatan apa saja di rumah agar menciptakan alternatif pemasukan," ujarnya.

Related

Tips 1274091037339649168

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item