Perlu Tahu! Ini 3 Benteng Utama Agar Terhindar dari Virus Covid-19, Menurut Pakar Kesehatan

Perlu Tahu! Ini 3 Benteng Utama Agar Terhindar dari Virus Covid-19, Menurut Pakar Kesehatan

Naviri Magazine - Kita semua sedang bertarung melawan virus Sars Cov2 atau Covid-19. Hingga kini belum ada vaksin untuk mencegah atau obat guna melawan virus tersebut.

Yang dapat kita lakukan adalah menjaga kesehatan tubuh dan memutus mata rantai penularan Covid-19. Virus ini menyebar melalui droplet atau percik air liur yang berukuran sangat kecil dan bisa menyebar saat sedang berbicara, bersin, atau batuk.

Dosen Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta atau UNJ, Arie Sutopo mengatakan benteng utama agar kita terhindar dari Covid-19. Benteng pertama adalah mematuhi protokol kesehatan dan benteng kedua adalah meningkatkan imunitas tubuh melalui olahraga.

Benteng pertama protokol kesehatan meliputi #pakaimasker, #jagajarakhindarikerumunan, dan #cucitangandengansabun.

"Aktivitas olahraga menjadi benteng kedua yang melawan serangan virus corona ke dalam tubuh," kata Arie Sutopo dalam acara bincang-bincang bertema 'Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi' di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19 #satgascovid19 Graha BNPB Jakarta.

Mengenai benteng kedua mencegah Covid-19, Arie Sutopo yang masuk dalam Tim Pengarah dan Pengawas Pengurus Besar PON ke-XX Papua itu menjelaskan, berolahraga minimal 30 menit sehari. Sebelum berolahraga, perhatikan intensitas, durasi, dan frekuensinya.

Jenis olahraga juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan riwayat kesehatan seseorang. Sebab itu, penting berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep olahraga yang tepat.

Benteng ketiga, yakni mengonsumsi makanan bergizi dan berpikir positif. Jaga asupan makanan, minuman, cukup istirahat, dan mengelola kondisi mental serta emosi agar selalu stabil.

Related

Tips 2864933008655875304

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item