Tujuh Bulan Berlalu, Kenapa Pandemi Corona di Indonesia Belum Berakhir?

Tujuh Bulan Berlalu, Kenapa Pandemi Corona di Indonesia Belum Berakhir?

Naviri Magazine - Pemerintah dianggap belum berhasil menekan penularan virus corona Covdi-19 di Indonesia dalam tujuh bulan terakhir. Hal ini terlihat dari masih tingginya kasus penularan di tanah air.

Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengungkapkan seharusnya Indonesia mampu menekan penularan vorus Covid-19 dengan standar yang dilakukan semua negara. Pemerintah Indonesia dianggap belum berhasil mengendalikan karena belum melakukan hal tersebut secara serius.

Cara pengendalian yang dimaksud adalah dengan melakukan surveillance. Yakni, melalukan testing Covid-19 pada mereka yang berisiko tinggi atau orang bergejala, pelacakan kasus yang optimal, dan isolasi yang benar dengan memisahkan yang sakit dan pembawa virus dengan anggota lain yang belum terinfeksi.

"Persyaratan minimum WHO testing 1.000 orang per satu juta penduduk per minggu, ini saja tidak dipenuhi. Tujuh bukan kita enggak punya target supaya mencapai itu di semua masyarakat yang mengalami pandemi, wilayah yang menjadi prioritas dan harus dibarengi dengan melibatkan masyarakat," kritik Pandu.

"Dari awal pemerintah tidak mengajak masyarakat. Mereka dilakukan PSBB padahal PSBB bersifat sementara. Harusnya dilanjutkan dengan pembatasan sosial berskala komunitas, hanya dengan itu kita lebih sustain."

Pandu Riono menambahkan pandemi akan berlangsung lama karena itu pemerintah dan masyarakat harus bisa mengendalikannya bukan mengakhiri.

"Mengakhiri masih lama. Kita enggak pernah melihat pemerintah membuat rencana aksi yang terstruktur menghadapi pandemi. Tidak ada keajaiban selain upaya manajemen modern, perencanaan, aksi kegiatan, monitoring, evaluasi, di adjust supaya tujuan objektif tercapai. Semacam pembangunan 5 tahun tapi ini rencana untuk pandemi 5 tahun."

Related

News 8372305052090163512

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item