Bupati Sleman Positif COVID-19 Walau Sudah Divaksin, Dokter Tirta Ungkap Hal Mengejutkan


Naviri Magazine - Baru-baru ini, kabar mengejutkan datang dari Bupati Sleman Sri Purnomo. Dia dinyatakan positif COVID-19 pada Kamis (21/1/2021).Yang menjadi sorotan, Purnomo terpapar COVID-19 meski dirinya sudah disuntik vaksin beberapa waktu lalu.

Mengenai hal ini, dr Tirta memberikan penjelasan melalui akun media sosial Instagram @dr.tirta.

dr Tirta mengatakan bahwa vaksin akan efektif setelah pemberian tahap kedua. Kemudian, vaksin juga tidak bertujuan untuk melindungi tubuh dari penularan. Melainkan melindungi diri dari munculnya gejala berat apabila terpapar.

"Vaksin itu efektif stelah 2x pemberian, dan tidak melindungi kita dari penularan, tapi MELINDUNGI DARI MUNCULNYA GEJALA BERAT KALO KENA, apalagi jika baru sekali pemberian, maka ttp patuhi protokol 3M," tulisnya.

dr Tirta mengatakan, antibodi akan maksimal jika sudah mendapat dua kali dosis.

"Ini pertanda bahwa vaksin harus ttp dilakukan dengan protokol. Sampe kapan ? Sampe semua vaksinasi slesai. Alhamdulillah, saya masih negatif sampe skrng," tulisnya.

Sebelumnya, Bupati Sleman Sri Purnomo terpapar COVID-19. Dia dinyatakan positif pada Kamis (21/1/2021). Padahal, Purnomo sebelumnya sudah disuntik vaksin. Kabar ini disampaikan langsung oleh Purnomo melalui akun Instagram @sripurnomosp.

"Saya Sri Purnomo, Bupati Sleman, menyampaikan informasi bahwa saya, hari ini Kamis (21/1/2021), dinyatakan positif COVID-19," kata Purnomo.

Pada keterangannya unggahannya, Purnomo menjelaskan kronologis hingga dinyatakan terpapar virus corona.

Pada Rabu (20/1/2021), Purnomo menjalani tes swab antigen dan hasilnya dinyatakan positif. Kemudian, Purnomo lanjut menjalani tes swab PCR.

"Dimana hasil yang saya terima pagi ini dinyatakan positif," katanya.

Pada hari ini sekira pukul 13.00 WIB, Purnomo menyambangi rumah sakit untuk melakukan rontgen thorax dan juga CT Scan thorax.

"Alhamdulilah hasilnya bagus dan paru-paru saya bersih. Kondisi kesehatan saya hari ini alhamdulilah 100 persen sehat dan tidak menunjukkan gejala penyakit apapun," katanya.

Meski tidak mengalami sakit, Purnomo mengaku sempat mengalami batuk dan suhu badannya naik hingga 37,6 derajat celsius pada Selasa (19/1/2021) malam.

Saat ini, Purnomo sedang menjalankan isolasi mandiri di rumah dinas. Dia tidak menjalani karantina di rumah sakit karena kondisi badannya tidak menunjukkan gejala apapun.

"Seluruh keluarga saya dan staff di lingkungan rumah dinas yang sering berinteraksi dengan saya, Alhamdulilah kemarin sudah dilakukan swab antigen dan hasilnya negatif semua," katanya.

"Meskipun beberapa waktu lalu saya telah divaksin sebagai pencegahan penyebaran virus COVID-19, saya ingatkan vaksin bukanlah sebuah obat. Vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik pada penyakit COVID-19 agar terhindar dari tertular maupun kemungkinan sakit berat," sambungnya.

Purnomo mengimbau masyarakat yang disuntik vaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin. Seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun serta jaga jarak dan hindari kerumunan.

Related

News 1825192300618731283

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item