Ini 3 Jenis Investasi yang Cocok dan Aman untuk Anak Muda


Naviri Magazine - Ada sejumlah investasi yang cocok untuk anak muda. Bahkan saat ini akses berinvestasi pun sudah semakin mudah dan bisa dilakukan kapan saja.

Investasi merupakan kegiatan menanamkan sejumlah modal, dengan harapan dapat memperoleh keuntungan berlipat di kemudian waktu.

Jenis investasi sangat beragam, mulai dari uang, saham, properti, emas dan masih banyak lagi. Bahkan, setiap bentuk investasi memiliki cara bermain yang berbeda-beda serta perlu skill berbeda.

Terjun ke dunia investasi tidak menjamin seseorang akan selalu untung. Tak sedikit ada yang merugi karena berbagai faktor dan risiko dari investasi tersebut.

Bagi Anda khususnya anak muda yang tertarik berinvestasi, kenali dulu jenis investasi berikut penjelasan yang lengkap dengan manfaat serta risikonya.

1. Deposito Berjangka

Rekomendasi instrumen investasi pertama bagi anak muda adalah deposito berjangka, dengan besaran nominal investasi yang beragam.

Beberapa bank biasanya telah menetapkan angka minimal tertentu pada tahap awal pembukaan deposito berjangka, namun ada juga yang tidak.

Manfaat Investasi Deposito Berjangka

Dibanding tabungan biasa, deposito berjangka bisa memberikan 3 kali lipat suku bunga yang dinilai lebih menguntungkan.

Walaupun memiliki sejumlah persyaratan, investasi deposito berjangka ini terbilang aman karena terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Selain itu, pemilik dana berpeluang mengakses rekening deposito tersebut. Bahkan, jangka waktunya dapat ditentukan sendiri oleh pemodal, mulai dari bulanan hingga tahunan.

2. Peer to Peer Lending

Investasi yang cocok untuk anak muda berikutnya adalah peer to peer lending, yaitu kegiatan finansial dengan pendekatan menghubungkan antara pemberi modal dan peminjam.

P2P lending di Indonesia saat ini sudah sangat banyak, dan cukup menarik minat investor dalam melakukan investasi berbasis pendanaan online.

Manfaat P2P Lending

Dari sisi manfaat, investor yang menanamkan modal melalui P2P lending bisa meraup return tinggi hingga 20 persen dalam setahun, bahkan melebihi bunga deposito.

Selain itu, platform P2P lending memfasilitasi aneka produk bisnis yang bebas dipilih oleh pemodal, sehingga dapat membantu investor mengetahui arah pendanaan.

Ada juga P2P lending khusus investasi bagi pendanaan Usaha Kecil Menengah (UKM). Selain menjadi penyokong dana, investor pun turut membangun perekonomian negara lewat UKM.

3. Reksadana

Mutual fund atau reksadana adalah wadah untuk berinvestasi khususnya bagi pemodal kecil yang tidak memiliki waktu atau keahlian terbatas dalam mengelola investasi.

Manfaat Reksadana

Manfaat berinvestasi di reksadana adalah efisiensi waktu. Modal yang ditanam oleh investor sudah jelas dikelola oleh manajer investasi profesional.

Selain itu, reksadana memiliki likuiditas tinggi. Investasi tersebut dapat dicairkan maupun dijual kapan saja dengan harga yang berlaku pada saat ingin dijual atau dicairkan.

Investasi reksadana juga dapat dibeli dengan harga minim, bahkan saat ini sudah banyak produk reksadana yang bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Tiga jenis investasi yang cocok untuk anak muda seperti di atas memang tidak terlepas dari manfaat dan risikonya.

Namun, risiko berinvestasi tersebut bisa saja terlewati asalkan sudah paham betul mengenai profil investasi dan disesuaikan dengan tujuan keuangan Anda.

Related

Tips 453775817975071569

Recent

item