Kisah Pria yang Kaya Mendadak Gara-gara ATM Error: Punya Duit Miliaran, Pesta Siang Malam (Bagian 1)


Naviri Magazine - Dan Saunders sedang minum-minum di kota kelahirannya, Wangaratta, sekitar tiga jam arah utara dari Melbourne, ketika dia menemukan ‘kekeliruan’ sistem bank yang sempat membuatnya kaya mendadak. 

Malam itu, dia meninggalkan bar sebentar untuk mengambil uang tunai. Setengah mabuk, Saunders menyadari mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang dia datangi membolehkannya mengambil uang jauh di atas saldo yang dia miliki.

Setelah beberapa kali coba-coba dalam keadaan sadar sehari setelahnya, lelaki berumur 29 tahun ini memahami cara mengakali mesin ATM tersebut. Kasusnya mirip seperti jalan cerita film Thailand ATM: Er Rak Erorr (2012). Bedanya, dalam kasus Saunders, bank malah tidak pernah menyadari ada kekeliruan sistem tersebut, sehingga dia bisa melenggang bebas tarik tunai sesuka hati.

Dia kalap karena merasa kerusakan sistem ATM itu tidak disadari bahkan oleh pihak bank. Selama lima bulan, Saunders menghabiskan 1,6 juta Dollar Australia, sekitar Rp15,5 miliar, yang sebenarnya tidak dia miliki di saldo. Dia mengadakan pesta mewah gila-gilaan, menyewa pesawat jet pribadi, sampai membayar biaya kuliah teman-teman dekatnya; hingga akhirnya petualangannya terhenti karena kepolisian terlibat.

Berikut ini wawancara dengan Saunders, membahas pengalamannya jadi orang tajir melintir. Apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana rasanya jadi jutawan mendadak? Dan ketika harus balik lagi bekerja sebagai seorang bartender dengan gaji sesuai UMR Australia, apa yang dia pikirkan?

Halo Dan, ceritakan dong gimana kejadian awalnya kamu kaya mendadak. Sebetulnya waktu itu kamu lagi narik uang berapa, dan apa yang membuat kamu sadar mesin ATM-nya bisa diakali?

Dan Saunders: Saya malam itu selesai kerja [jadi bartender], ikut minum-minum. Niatnya mau tarik tunai biasa lah buat patungan. Tiba-tiba mesin mengeluarkan pesan kayak gini di layar: "saldo tidak tersedia saat ini." 

Saat mencoba lagi, saya salah memencet transfer AU$200 dari akun giro kredit ke rekening tabungan pribadi, kemudian mesin menulis "transaksi batal" dan mengeluarkan kembali kartu debitnya. 

Saya merasa ada yang janggal, jadi saya coba-coba saja menarik AU$200 dari akun tabungan. Ternyata uangnya beneran keluar, ya sudah kemudian saya kembali ke bar dan balik minum-minum.

Lho, berarti kamu tidak langsung sadar kalau ATM tadi bermasalah?

Betul. Baru setelah meninggalkan bar dini harinya, saya jalan pulang dan melewati mesin ATM yang sama. Saya masih agak sadar, dan kepikiran betapa anehnya pengalaman sebelumnya. Saya memasukan kartu debit lagi ke ATM itu dan iseng mencoba-coba. Saya transfer $200 dari giro ke rekening dengan proses yang sama, dan bisa menarik uang lagi. 

Selanjutnya, nominalnya saya naikkan jadi $500, lalu $600, iseng-iseng berhadiah saja. Mungkin kombinasi lagi tipsy dan bosan, jadi saya berulang kali tarik tunai. Ternyata uangnya terus keluar. Seperti trik sulap saja.

Sebentar, intinya uang itu diambil bukan dari rekeningmu kan?

Iya dong, uang di rekening ga sampai sebanyak itu. Keesokan paginya saya pikir dapat duit gampang dari ATM semalam cuma mimpi. Ternyata sebagian uang tunai itu masih ada di dompet. Kemudian saya menelepon bank memastikan saldo akun tabungan, yang kini ternyata berisi lebih dari AU$2.000. 

Saya menyadari ada semacam lag (keterlambatan) antara uang yang dikeluarkan ATM dan saldo saya sesungguhnya. Artinya berapapun jumlah uang yang saya habiskan, nantinya bisa saya tutupi dengan cara melakukan transfer sederhana antara akun giro kredit ke rekening tabungan. 

Kekeliruan sistem ini seakan-akan "menciptakan" uang dari ketiadaan. Pokoknya saya tinggal melakukan transfer antara jam 1 dan 3 pagi, yang ternyata jam sistem mesin ATM sedang offline.

Kamu berarti tiap sehari sebelum tarik tunai selalu ke ATM yang eror itu?

Benar. Di hari pertama setelah tahu ada eror, saya menarik uang tunai sebanyak AU$2.000, besoknya saya mentransfer AU$4.000 agar saldo di rekening tidak negatif. Malamnya, transaksi saya disetujui bank, kemudian saldo baru diperbaiki satu hari kemudian. 

Kalau kamu pintar dan melakukan transaksi dobel, kamu bisa menipu sistem bank agar mengira kamu punya banyak duit. Berapa minggu kemudian, saya pergi ke bank, memastikan apakah saya bakal kena masalah. Ternyata teller dengan santai mengatakan saldo tabungan saya AU$1 juta. Angka saldo tersebut bisa saya mainkan naik turun seperti yoyo.

Setelah mengetahui trik ini, uang kaget tadi kamu belanjakan buat apa?

Pertama, saya memberi AU$1.000 tunai ke istri untuk tabungan bank bersama kami, kemudian menraktir minum beberapa kawan. Punya kemampuan mengubah angka saldo rekening sendiri bikin saya ketagihan. Mungkin sensasinya seperti yang dirasakan manusia gua di zaman purba ketika menemukan cara menyalakan api.

Berpesta gila-gilaan tuh emangnya seru ya? Soalnya OKB demen tuh bikin party.

Bener lho, emang enak. Kalau kamu punya imajinasi dan uang, kamu bisa membantu orang mewujudkan mimpi tergila mereka. Rasanya bikin ketagihan, apalagi ketika uangnya benar-benar bisa muncul begitu saja. Apalagi saat orang-orang menyadari kamu punya duit, cara mereka memperlakukanmu berbeda.

Kalau lelaki menyadari saya punya uang, mereka biasanya jadi ramah banget, lalu menawarkan berbagai ide untuk melipatgandakan uangmu lewat investasi atau ajakan join bisnis. Sementara perempuan makin gampang tertarik padamu. 

Contohnya, saya ingat sempat pergi ke bank untuk menarik uang, dan perempuan yang mengantre di belakangku langsung berubah sikap ketika melihat saldo tabunganku. Doi terkagum-kagum melihat orang dengan saldo jutaan dolar. Seperti itulah rasanya jadi orang kaya. Persepsi orang tentangmu berubah dan perilaku mereka pun berubah.

Apa respons dan pendapat teman-teman dekat yang tahu kamu tajir karena mengakali ATM?

Beberapa teman mengatakan, "Kamu seharusnya enggak terus ngambil duit dengan cara kayak gini, saya enggak mau ikut-ikutan ah kalau sampai ada masalah." Tapi kebanyakan teman saya malah mendukung. 

Kebanyakan bilang, "Enak ya elo bisa kaya mendadak. Kami paham kok. Yuk kami temani bersenang-senang." Bahkan ada juga yang ngomporin saya dan menyemangati supaya saya bertindak lebih gila lagi.

Baca lanjutannya: Kisah Pria yang Kaya Mendadak Gara-gara ATM Error: Punya Duit Miliaran, Pesta Siang Malam (Bagian 2)

Related

News 2715005236106796828

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item