Penting! Ada Gejala Baru Covid-19, Namanya Parosmia


Naviri Magazine - Hilangnya kemampuan untuk mencium aroma atau anosmia merupakan salah satu gejala Covid-19 sejak lama. Namun, tahukah Anda bahwa baru-baru ini muncul gejala baru berupa parosmia, yakni kondisi yang membuat pasien mendeteksi bau tidak sedap lewat indra penciuman.

Melansir Sky News, ahli bedah telinga, hidung dan tenggorokan (THT) dari ENK UK, Profesor Nirmal Kumar, menyebutkan parosmia merupakan gejala aneh sekaligus unik pada Covid-19. Pasien biasanya menghirup aroma belerang dan benda terbakar lainnya, sehingga mengganggu indra penciuman.

Gejala Covid-19 awalnya berupa anosmia atau kehilangan indra penciuman. Gejala ini sudah dideteksi sejak Maret 2020.

Profesor Kumar mengatakan, beberapa pasien Covid-19 di Inggris yang awalnya mengidap anosmia, kini mengalami parosmia sehingga penciuman mereka cukup terganggu. Parosmia juga dikatakan sebagai gejala panjang Covid-19, di mana kondisi ini dapat berlanjut selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah penyakit awal.

"Virus ini memiliki keterkaitan dengan saraf di kepala dan khususnya, saraf yang mengontrol indra penciuman. Mungkin memengaruhi saraf lain juga, seperti neurotransmiter yang mengirim pesan ke otak," ungkapnya.

Daniel Savedki, seorang bankir berusia 24 tahun yang tinggal di London, mengatakan dia kehilangan indra perasa dan penciumannya selama dua minggu setelah tertular virus corona pada Maret. Kini ia pun mengidap parosmia, sehingga tidak bisa mencium bau makanan tertentu.

Untuk menghilangkan parosmia, pasien bisa melatih indra penciuman seperti menghirup aroma minyak kayu putih selama 20 detik. Hal ini bertujuan agar indra penciuman normal kembali.

Related

News 3310661772922194485

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item