SBY: Saya Pernah Memimpin Negeri Ini, Saya Boleh Berbicara, kan?


Naviri Magazine - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkapkan pandangannya tentang peluang dan tantangan RI pada 2021. Sejumlah persoalan bangsa diulas dalam tulisan berjudul “Indonesia Tahun 2021, Peluang untuk Sukses Ada, Jangan Kita Sia-siakan” di akun Facebook miliknya.

SBY menuturkan, secara umum tantangan yang dihadapi Indonesia dialami berbagai negara di dunia, yakni pandemi Covid-19. Wabah itu menjadi tantangan global dan dampak ikutan yaitu krisis ekonomi yang memukul semua negara di dunia.

Menurut SBY setidaknya terdapat tiga persoalan bangsa yang harus dihadapi. Pertama, pandemi corona yang harus segera diatasi. 

“Kedua, krisis ekonomi yang harus diakhiri dan kemudian ekonomi dipulihkan kembali. Ketiga, mungkin tak terkait langsung dengan dua permasalahan yang lain, yaitu melemahnya kerukunan masyarakat karena faktor identitas, politik dan ideologi yang tak boleh dibiarkan,” ujarnya.

Menurut mantan ketua umum Partai Demokrat ini, permasalahan ketiga tersebut justru lebih mendasar sifatnya. Jika diabaikan akan berdampak sangat buruk bagi kehidupan bangsa di masa depan. Kalau tidak dikelola dengan baik, disharmoni sosial ini akan membuat bangsa benar-benar terpecah dan terbelah (divided).

Di akhir tulisan tersebut, SBY menyebut dirinya pernah memimpin Indonesia. Pandangan yang disampaikan mengenai berbagai persoalan tersebut tak lebih dari sebagai orang tua yang sangat mencintai Indonesia.

“Saudara-saudara saya rakyat Indonesia tentu tahu bahwa saya pernah memimpin negeri ini. Waktu itu saya juga menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan yang berat. Jadi, saya tahu bahwa persoalan bangsa itu kompleks dan tak semudah yang dipikirkan masyarakat. Karenanya, saya tak suka dan tak mudah menyalahkan pemerintah,” ucapnya. 

“Sungguhpun demikian, sebagai orang tua dan juga seseorang yang sangat mencintai negeri ini, tentunya boleh kan saya berpendapat dan berbicara,” ujar politikus kelahiran Pacitan ini.

Related

News 1446169082656504043

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item