Tips Sehat dan Aman Mengonsumsi Propolis, serta Efek Sampingnya


Naviri Magazine - Propolis atau lem lebah tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk tablet, kapsul, serbuk, ekstrak, dan permen pelega tenggorokan. Ketika digunakan secara topikal, obat ini tersedia dalam bentuk salep, krim, lotion, dan produk perawatan tubuh lainnya.

Tidak ada saran dosis yang direkomendasikan dan belum ada penelitian tentang dosis mengonsumsi lem lebah pada manusia untuk membantu kondisi kesehatan.

Namun, dosis propolis untuk kulit telah dipelajari dalam penelitian ilmiah, di antaranya:

Cold sore atau luka dingin. Salep lem lebah 3% dioleskan 5 kali sehari.

Herpes. Salep lem lebah 3% dioleskan pada lepuh 4 kali sehari.

Obat kumur setelah operasi mulut. Berkumur dengan larutan yang mengandung lem lebah, air, dan alkohol.

Efek Samping Propolis

Jika diminum, obat herbal ini mungin aman bila konsumsi dengan tepat. Obat ini dapat menyebabkan reaksi alergi, terutama pada orang yang alergi terhadap produk lebah, misalnya madu. Permen yang mengandung propolis dapat menyebabkan iritasi dan sariawan.

Ketika dioleskan ke kulit, lem lebah mungkin aman bila dioleskan ke kulit dengan tepat. Namun, ini dapat menyebabkan reaksi alergi, terutama pada orang yang alergi terhadap produk lebah.

Peringatan Propolis

Berikut ini beberapa peringatan yang harus diperhatikan jika ingin menggunakan propolis:

Kehamilan dan menyusui. Tidak ada cukup informasi yang bisa dipercaya untuk mengetahui apakah lem lebah aman digunakan saat hamil. Untuk lebih aman, sebaiknya hindari penggunaan. Namun, obat ini mungkin bila diminum saat menyusui.

Asma. Beberapa ahli percaya bahan senyawa kimia tertentu dalam lem lebah dapat memperburuk asma. Oleh karenya, hindari penggunaan jika memiliki asma.

Kondisi pendarahan. Bahan kimia tertentu dalam lem lebah dapat memperlambat pembekuan darah. menggunakannya dapat meningkatkan risiko perdarahan pada orang yang mengalami gangguan perdarahan.

Alergi. Jangan menggunakan obat herbal ini jika alergi terhadap produk sampingan lebah, tumbuhan runjung, poplar, Peru balsam, dan salisilat.

Operasi. Bahan kimia tertentu dalam lem lebah bisa memperlambat pembekuan darah. Menggunakannya dapat meningkatkan risiko perdarahan selama dan setelah operasi. Jadi, berhenti meminumnya 2 minggu sebelum operasi.

Itu dia manfaat propolis hingga efek sampingnya yang bisa Anda perhatikan sebelum mengonsumsinya. Namun, langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang kondisi kesehatan, riwayat medis, dan alergi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Related

Tips 1355985450195852473

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item