Cara Menghilangkan Plak Gigi: Dari Panduan Sikat Gigi sampai ke Dokter Gigi


Naviri Magazine - Sebelum plak gigi makin parah dan mengakibatkan berbagai komplikasi kesehatan gigi lainnya, ada baiknya Anda simak cara menghilangkan plak pada gigi, agar plak gigi bisa segera diatasi tanpa menimbulkan masalah lebih lanjut.

Menyikat Gigi

Kelihatannya sepele, namun menyikat gigi adalah cara termudah dan paling simpel untuk membersihkan plak gigi Anda sendiri. Perhatikan tiap sudut maupun sela-sela gigi dengan gusi, biasanya plak bersembunyi dengan baik di sana. 

Sebaiknya Anda memilih sikat gigi yang memiliki ujung lancip dan lembut untuk bisa menjangkau celah-celah gusi yang terlihat rapat. Sikat gigi model ini juga sangat bagus untuk mengangkat sisa makanan yang menempel sehingga mengurangi kemungkinan timbulnya plak.

Menggunakan Dental Floss atau Benang Gigi

Dental floss atau benang gigi bisa membantu Anda untuk membersihkan sela-sela gigi. Benang gigi terbukti 40% lebih ampuh untuk menghilangkan plak gigi dibandingkan sekedar menyikat gigi saja. 

Kebanyakan sikat gigi hanya membersihkan sebagian plak, namun tidak bisa secara menyeluruh karena sikat gigi tergolong kaku. Sementara jika menggunakan benang gigi, Anda bisa membentuk benang sesuai dengan bentuk gigi sehingga dapat menyapu secara merata seluruh permukaan gigi.

Pembersihan di Dokter Gigi

Jika plak gigi sudah menyerang, cara terbaik adalah pergi ke dokter gigi untuk meminta perawatan dan pembersihan gigi dari plak. Di dokter gigi, terdapat beragam jenis alat lengkap yang bisa digunakan untuk membersihkan plak gigi. Cara membersihkan plak pada gigi pun bisa lebih baik karena dokter gigi dapat melihat dengan jelas seluruh bagian mulut dan gigi Anda.

Selain untuk membersihkan plak gigi, Anda juga bisa meminta dokter gigi untuk membersihkan karang gigi. Karang gigi adalah plak gigi yang sudah mengeras dan bahkan sampai mengikis gigi. Karang gigi terlalu keras untuk dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi biasa di rumah, oleh karena itu hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi.

Related

Tips 3070258963525118861

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item