Edan, Ini Kecepatan Mobil F1 ketika Dipacu Hingga Batas Maksimal


Naviri Magazine - Membicarakan balapan mobil F1, biasanya tidak akan lepas dari pembicaraan kecepatan. Ajang perlombaan kecepatan mobil F1 tergolong balapan tercepat di dunia. 

Berdasarkan informasi yang didapat, rata-rata kecepatan mobil F1 pada tahun 2004 adalah 315km/jam, di tahun 2005 dan 2006 menurun 310km/jam. 

Kenapa bisa menurun, padahal teknologi otomotif selalu mengalami peningkatan? Alasan mengapa mobil F1 menurun kecepatannya, karena ada regulasi dari panitia F1, yaitu FIA Formula One World Championship, untuk menurunkan kecepatan demi keamanan pembalap.

Kecepatan maksimal mobil F1, rekor dunia top speed yang pernah tercatat di tahun 2016 adalah 330,8km/jam oleh tim F1 dari Force India. Bisa dibayangkankan jika kita naik mobil biasa dengan kecepatan seperti itu, bisa-bisa terlempar dari jalanan. 

Sebenarnya, kecepatan maksimal dari mobil F1 bisa lebih cepat lagi, seperti pada tahun 2004 di Grand Prix Italia, pembalap BMW Williams F1, Antônio Pizzonia, mencapai record top speed 369.9 km/jam. 

Pertanyaannya, kenapa mobil F1 bisa secepat itu? Tekonologi yang semakin maju menjadikan mobil F1 bisa melaju dengan cepat, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan mobil adalah downforce yang mampu mengurangi hantaman tekanan udara pada mobil. 

Sebenarnya, kecepatan mobil F1 bisa saja ditingkatkan lagi hingga lebih dari 400km/jam. Namun akan sangat membahayakan pembalap, karena mobil bisa saja terempas keluar jalur dan berisiko tinggi.

Walaupun demikian, uji coba melesatkan mobil F1 pada kecepatan 400 km pernah dilakukan oleh Tim Bar Honda yang mampu memecahkan rekor tercepat, yakni 413km/jam. 

Yang cukup disayangkan, rekor ini tidak diakui oleh FIA karena uji kecepatan dilakukan di padang Bonneville Salt Flats (dataran luas garam), dan mobil ditambahi alat yang membuat mobil tetap menempel di tanah. Karena logikanya, jika mobil F1 standard melaju dengan kecepatan 400km/jam, bisa terangkat ke udara karena tekanan yang kuat.

Related

Automotive 528380806961313067

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item