Hewan-hewan dengan Keunikan Letak dan Fungsi Matanya (Bagian 1)


Naviri Magazine - Mata manusia terletak di depan, dan bekerja secara bersamaan. Hewan mamalia dan beberapa jenis burung juga memiliki mata semacam itu. Namun, ada beberapa jenis hewan yang memiliki letak dan posisi mata yang unik, sehingga memiliki fungsi yang sama uniknya.

Mata ikan, misalnya, terletak di samping kanan dan kiri kepalanya, dan kedua mata itu dapat bekerja sendiri-sendiri. Karena keunikan itu, seekor ikan dapat melihat ke depan dan ke belakang secara bersamaan. Kemudian, elang yang merupakan hewan pemburu, memiliki mata yang sangat tajam, sehingga dapat melihat seekor kelinci yang berada ribuan kaki di bawahnya. 

Sebaliknya, kelinci memiliki mata di kedua belah kepalanya. Letak mata itu memungkinkan kelinci dapat melihat ke atas tanpa harus menengadahkan kepala. Ketika seekor elang bersiap menyambarnya, kelinci dapat melarikan diri tanpa harus menengok ke atas. 

Berikut ini adalah hewan-hewan yang memiliki keunikan letak dan posisi mata, beserta keunikan fungsinya.

Tupai

Mata tupai atau bajing terletak di kedua sisi kepalanya, dan berada pada kedua pipinya yang berbentuk melandai ke depan, menyerupai kerucut. Dengan letak dan bentuk mata semacam itu, tupai memiliki pandangan yang tajam ke arah depan. 

Selain itu, letak mata tersebut juga cukup dekat dengan pangkal kepala, sehingga tupai dapat berlari memanjat pohon sambil melihat—melalui kepalanya—apakah ada yang mengejar atau tidak. Atau, sambil berlari di atas tanah, tupai dapat sambil melihat ke atas untuk mengawasi burung elang yang mengejarnya.

Meski memiliki kelebihan dalam beberapa hal, keunikan mata tupai juga memiliki kelemahan, yaitu tidak dapat melihat ke arah samping dengan mudah.

Burung elang

Burung elang memiliki mata yang sangat tajam. Ketajaman mata yang luar biasa itu sangat berfungsi untuk berburu, karena ia termasuk hewan pemburu. Di ketinggian langit, seekor elang dapat melihat dengan jelas kelinci yang sedang melompat-lompat di antara semak, meski itu ribuan kaki di bawahnya.

Kelinci

Kelinci memiliki sepasang mata yang terletak di kedua belah kepalanya. Tempat matanya yang unik itu memungkinkan kelinci untuk melihat ke atas dengan mudah, tanpa harus menengadahkan kepala. 

Jadi, ketika seekor elang sedang mengincarnya, kelinci akan tahu, dan dia juga akan tahu harus lari kemana untuk menghindari sambaran elang tersebut. Tinggal keberuntungan akan berpihak pada dirinya atau pada si elang.

Burung hantu

Tidak sebagaimana umumnya burung yang memiliki mata di kiri dan kanan kepala, burung hantu memiliki sepasang mata yang terletak di bagian depan mukanya. Dengan posisi mata yang unik seperti itu, burung hantu memiliki pandangan yang sangat jelas dan tajam ketika mengamati mangsanya, meski dalam kegelapan malam.

Meski begitu, burung hantu lebih mengandalkan pendengarannya dalam menentukan tempat mangsa berada. Dengan pendengarannya, ia dapat menentukan posisi tikus dengan tepat dari suara dedaunan yang terusik oleh gerakan tikus tersebut.

Sebagai pemburu malam, burung hantu memiliki mata yang sangat besar. Sebegitu besarnya, sehingga bola matanya tidak dapat digerakkan di dalam rongga matanya. Untuk menengok ke samping atau ke belakang, burung hantu harus memutar lehernya, dan ia dapat melakukannya dengan baik.

Burung robin

Burung robin adalah sejenis burung murai yang ada di Eropa. Burung ini tidak dapat melihat sesuatu jika jaraknya dekat. Mangsa yang berada beberapa senti di depannya hampir bisa dipastikan aman, karena burung robin tidak bisa melihatnya. Untuk dapat melihat dengan baik, mangsa harus berada pada jarak yang agak jauh.

Untuk dapat melihat mangsa, misalnya seekor cacing, burung robin harus berdiri tegak dan menggerakkan kepalanya ke arah belakang, sehingga matanya ada pada jarak “dapat melihat”. Jadi, mata burung satu ini mirip dengan mata manusia yang mengalami rabun dekat.

Baca lanjutannya: Hewan-hewan dengan Keunikan Letak dan Fungsi Matanya (Bagian 2)

Related

Science 3470058904682997441

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item