Ini Daftar Makanan Sumber Vitamin B12 yang Penting untuk Kesehatan


Naviri Magazine - Vitamin B kompleks adalah kelompok 8 vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari. Vitamin B kompleks dibentuk oleh vitamin yang larut dalam air, sehingga tidak diserap tubuh sebagai lemak. Vitamin B kompleks merupakan satu vitamin yang dibentuk oleh delapan nutrisi yang berbeda. Delapan kelompok vitamin B kompleks adalah:
  • Vitamin B1 (Thiamine)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B3 (Niacin)
  • Vitamin B5 (Pantothenic Acid)
  • Vitamin B6 (Pyridoxine)
  • Vitamin B7 (Biotin)
  • Folic Acid
  • Vitamin B12

Vitamin B kompleks terdapat dalam banyak jenis makanan. Beberapa makanan penghasil vitamin B terbaik adalah ikan, telur, daging, produk susu, gandum utuh, biji-bijian, serta sayuran berdaun hijau. Karena vitamin B kompleks sangat halus dan mudah larut dalam air, Anda harus sangat hati-hati ketika mencuci atau memasak makanan, karena vitamin ini mudah rusak.

Tubuh kita membutuhkan viamin B kompleks untuk proses metabolisme, mengubah makanan menjadi energi, serta memproduksi sel darah merah. Selain itu, vitamin B juga dibutuhkan untuk menjaga sistem saraf pusat, meningkatkan kesehatan kulit dan saraf, juga memproduksi DNA serta membantu pertumbuhan tubuh. 

Di samping itu, vitamin B kompleks juga dibutuhkan tubuh untuk mencegah berbagai macam penyakit, di antaranya:
  • Vitamin B kompleks mencegah anemia.
  • Thiamine dan riboflavin dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari katarak.
  • Niacin membantu menurunkan risiko kanker mulut dan tenggorokan, yang juga melindungi tubuh dari diabetes melitus yang membutuhkan insulin.
  • Vitamin B12 melindungi tubuh dari kanker, demensia, dan depresi.

Meski begitu, sebaiknya hindari mengonsumsi vitamin B kompleks secara berlebihan. Anda juga harus menyeimbangkan asupan vitamin B kompleks dengan vitamin dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air. Dikenal pula sebagai cobalamin, vitamin B12 menjadi bagian dari delapan jenis vitamin B yang memiliki peran penting dalam fungsi otak dan sistem saraf. Vitamin ini juga meningkatkan jumlah darah dalam tubuh, serta melindungi kita dari kanker. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang kaya vitamin B12.

Hati

Dalam 100 gram hati hewan terkandung lebih dari 30 mikrogram vitamin B12. Makanan ini juga kaya nutrisi yang sarat vitamin dan mineral, yang membantu menyehatkan pengembangan keseluruhan tubuh.

Daging sapi

Daging dan hati sapi tidak hanya mengandung vitamin B12, namun juga merupakan makanan yang menjadi sumber protein, seng, dan zat besi.

Dada ayam

Di antara bagian lain dari daging ayam, bagian dada ayam adalah sumber yang kaya vitamin B12 dan asam folat, yang bisa menyehatkan jantung serta sistem reproduksi tubuh.

Telur

Telur ayam, khususnya di bagian kuningnya, mengandung sejumlah besar vitamin B12.

Yoghurt

Yoghurt menjadi makanan sehat karena mengandung vitamin B-kompleks riboflavin (vitamin B2), thiamin (vitamin B1) dan cobalamin (vitamin B12). Pilihlah yoghurt rendah lemak atau bebas lemak, karena mengandung lemak yang sedikit serta kaya nutrisi.

Oatmeal

Oatmeal mengandung banyak nutrisi penting dan vitamin, serta menjadi salah satu sumber makanan yang kaya vitamin B12.

Susu

Susu tidak hanya mengandung kalsium, namun juga vitamin yang bagus untuk pertumbuhan tubuh, termasuk vitamin B12.

Related

Health 3506602493320445116

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item