Kemudahan Birokrasi, Inilah Rahasia Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia


Naviri Magazine - Negara yang tahun ini didaulat oleh PBB sebagai tempat paling bahagia di muka bumi ini secara kultur sangat jauh berbeda dengan Indonesia yang guyub bahkan terkadang 'kebablasan'.

Pada prinsipnya penduduk Finlandia adalah orang yang baik dan ramah. Hanya saja, mereka terkenal tertutup, sangat menghargai privasi orang lain, dan cenderung tidak menyukai basa-basi.

Sapaan basa-basi pun sering kali tidak dikehendaki, kecuali sudah saling mengenal sebelumnya.

Namun ini bukan berarti penduduk Finlandia cuek jika melihat orang yang sedang mengalami kesulitan. Ketika kita bingung mencari arah, misalnya, mereka akan dengan senang hati menawarkan bantuan.

Finlandia memiliki kualitas hidup yang tinggi. Udara yang bersih, alam yang luas dan mudah diakses, air keran yang dapat diminum langsung, transportasi dengan harga terjangkau dan memiliki interkoneksi yang luas, lingkungan sosial yang aman, kualitas barang jualan yang di atas rata-rata, dan lainnya.

Sementara itu The World Happiness Report justru didasari pada survei yang menggunakan kriteria khusus seperti dukungan sosial, persepsi korupsi dan lain-lain. Survei ini juga melibatkan para imigran, sehingga dapat dikatakan merepresentasikan seluruh penduduk Finlandia.

Bagi orang awam, predikat negara paling bahagia tersebut dapat diasosiasikan dengan kemudahan akses terhadap pendidikan, penitipan anak, dan kesehatan, yang merupakan kebutuhan dasar setiap penduduk.

Dalam hal ini, akses tersebut mudah, dan biaya yang harus dikeluarkan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi. Untuk mendapat akses penitipan anak, misalnya, hanya perlu mendaftarkan anak dengan menggunakan formulir elektronik ringkas secara online, tanpa perlu menyertakan lampiran-lampiran apapun.

Demikian pula dengan pendaftaran diri untuk mengakses fasilitas kesehatan di Terveysasema (semacam Puskesmas), yang cukup dengan mengakses e-form secara online, atau telepon.

Hal ini dikarenakan sistem single identity number (semacam KTP) di Finlandia sudah terkoneksi dengan baik ke berbagai layanan dasar, sehingga untuk mengakses layanan-layanan tersebut cukup dengan menyebutkan nomor tersebut.

Walaupun terkesan remeh, sistem ini nyatanya telah mereduksi beban administrasi dan waktu yang harus dihabiskan oleh seseorang untuk mengisi formulir dan menyampaikan lampiran-lampirannya, sehingga dapat dirasakan manfaatnya.

Demikian pula dengan pembiayaan layanan-layanan dasar. Jenis layanan dasar seperti penitipan anak dan kesehatan tidak didasarkan pada besaran penghasilan, melainkan sesuai kebutuhan dan ketersediaan tempat serta waktu.

Pembiayaan layanan dasar disesuaikan dengan kemampuan masing-masing keluarga. Untuk layanan penitipan anak, misalnya, orang tua diminta mengisi income statement dan menyampaikannya ke pemerintah kota, yang selanjutnya akan menentukan besaran biaya yang harus dibayarkan oleh orang tua.

Hal yang sama juga berlaku untuk layanan kesehatan, seperti konsultasi dokter hingga tindakan medis umum seperti cabut gigi, yang harganya terjangkau dan dipublikasikan di situs pemerintah kota. Jelas ini membuat segala sesuatu sangat transparan.

Related

News 4758670422894727634

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item