Apa Kaitan Antara Penyakit Gusi, Gingivitis, dan Periodontitis?


Naviri Magazine - Saat kamu ingin tahu lebih banyak tentang gusi dan mulai mencarinya di internet, kamu akan segera dipusingkan dengan beberapa istilah medis teknis untuk satu hal yang sama: penyakit gusi. 

Berikut ini bagaimana kaitan istilah-istilah itu: 

Penyakit gusi adalah istilah umum yang telah dikenal luas untuk menggambarkan infeksi bakteri di mulut. Gingivitis dan periodontitis sama-sama digunakan untuk menggambarkan penyakit gusi, tapi keduanya tidak dapat ditukar-tukar karena artinya tidak sama.

Gingivitis menjelaskan jenis penyakit gusi awal, ringan (dan dapat dikembalikan), ditandai dengan gusi bengkak yang merah dan mudah berdarah ketika menggosok gigi atau flossing. Jika tidak ditangani dengan cara meningkatkan perawatan mulut, gingivitis dapat bertambah parah dan berkembang menjadi stadium (tidak dapat dikembalikan) lebih parah dari penyakit gusi, disebut periodontitis. 

Periodontitis yang menyerang gusi, tulang dan jaringan ikat yang menahan gigi akhirnya akan membuatnya longgar hingga akhirnya gigi jadi tanggal. Penyakit gusi adalah penyebab utama dari gigi tanggal. Itu sebabnya cara terbaik untuk mengatasi masalah gusi sejak dini adalah dengan menerapkan rutinitas berkumur yang sangat mudah.

Related

Health 7845773094927377564

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item