Mengapa Gusi Kadang Berdarah Saat Kita Menggosok Gigi?


Naviri Magazine - Saat usia bertambah, kita akan semakin terbiasa melihat satu atau dua tetes darah di wastafel saat menggosok gigi atau flossing. Inilah anggapan umum yang kita yakini sebagai sesuatu yang biasa saja. 

Tapi, gusi berdarah (bahkan saat dibersihkan oleh dokter gigi) tidaklah normal dan tidak sehat. Ini semua tanda-tanda (yang mungkin terjadi disertai tanda-tanda lain yang sering diabaikan seperti gusi bengkak, merah, teriritasi) dari penyakit gingivitis, atau penyakit gusi awal. 

Jutaan orang dewasa menderita penyakit gusi namun hanya sebagian kecil yang menyadarinya, karena sakit gusi bukan gejala awal. Untungnya, penyakit gusi stadium awal dapat dikembalikan. Caranya dengan peningkatan perawatan mulut sehari-hari dan lebih sering pergi ke dokter gigi untuk membersihkan plak dan tartar pada gigi dengan peralatan medisnya. 

Jika diabaikan, darah di wastafel dapat menjadi penyakit gusi serius (periodontitis) yang menyerang gusi, mengikis tulang rahang dan menjadi penyebab nomor satu bagi gigi tanggal. Jika kamu sudah melihat adanya tetesan darah, jangan tunggu lama-lama untuk mulai meningkatkan rutinitas menggosok gigi, flossing dan berkumur.

Kenapa Terjadi Resesi Gusi?

Kamu telah melihat salah satu dari tanda-tanda penyakit gusi stadium sedang. Perhatikan pula tanda-tanda berikut ini. 

Ketika kamu melihat gusi dan tulangmu menjauh dari gigi, dan bagian bawah gigimu lebih terlihat, itu artinya kamu mengalami resesi gusi. Kondisi yang sering disebut sebagai gusi menyusut ini terjadi jika akar gigimu terpapar bakteri-bakteri merusak, dan mulutmu juga rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. 

Jika disertai dengan gusi merah dan meradang yang berdarah ketika menggosok gigi, kemungkinkan besar kamu menderita penyakit gusi awal. Jika tidak diobati, resesi gusi dapat mengakibatkan kerusakan lebih parah, seperti hilangnya dentin (jaringan tulang keras dan padat yang membentuk sebagian besar gigi di bawah enamel dan menahan gigi), dan akar yang terlihat bisa menjadi lunak, sakit atau terinfeksi. 

Apakah Mouthwash dapat Mengobati Penyakit Gusi?

Berkumur teratur dengan antiseptik akan melawan bakteri yang dapat melekat pada gusi sehingga membentuk plak. Jika tidak dibersihkan, plak dapat mengeras menjadi tartar. Sebagian mouthwash juga mengandung fluoride, yang melindungi gigi dari kerusakan.

Related

Health 6672673701909734824

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item