Mengenal Sariawan di Mulut dan Berbagai Penyebabnya


Naviri Magazine - Infeksi di dalam mulut yang disebabkan oleh jamur candida, itulah sariawan. Jamur candida penyebab sariawan tak hanya terjadi di mulut, namun bisa juga meyerang ke bagian tubuh lainnya. Siapa pun yang terkena sariawan tentu merasa sakit di dalam mulut, seperti rasa perih dan susah mengunyah, bahkan bicara.

Sariawan bisa menyerang siapa saja, baik anak kecil hingga orang tua. Sariawan menyerang terutama pada orang yang kekebalan tubuhnya lemah. Beberapa penyebab sariawan sebagai berikut:

Sejumlah jamur candida dalam mulut biasanya tidak akan mengganggu, karena telah disterilkan oleh bakteri atau mikroorganisme hidup di dalam mulut yang sehat.

Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan jamur candida dalam mulut dapat menyebabkan penyakit, seperti stres dan obat-obatan semisal kortikostoreid dan pil KB, yang menyebabkan kesimbangan jamur candida dalam mulut tidak seimbang, hingga terjadi sariawan.

Penyebab lainnya adalah penyakit atau kondisi medis seperti diabetes, infeksi HIV, kanker, mulut kering, gigi berlubang, dan kehamilan. Perempuan yang hamil mengalami perubahan hormonal, sehingga tubuh juga mudah terserang jamur candida.

Mereka yang merokok atau memakai gigi palsu yang tidak pas, juga berisiko terkena sariawan. Selain itu, bayi dapat menularkan kepada ibunya, melalui proses menyusui.

Related

Health 416380553535224509

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item