Naegleria Fowleri, Parasit Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia


Naviri Magazine - Naegleria fowleri (juga disebut 'amuba pemakan otak') adalah protista yang hidup di air tawar yang hangat, yang bersuhu 25-35 derajat celcius. Amuba ini masuk ke dalam grup Percolozoa atau Heterolobosea.

N. fowleri dapat menyerang sistem saraf manusia; meskipun jarang muncul, infeksi hampir selalu menyebabkan kematian korban.

Sejak tahun 1964, lebih dari 60 kasus kematian pada orang karena infeksi parasit ini, sehingga dikenal sebagai penyakit “meningoencephalitis” (radang selaput otak). Kejadian ini dilaporkan dari negara Ceko, Slovakia, Amerika Serikat, Afrika, New Zealand dan Australia. Naegleria fowleria diisolasi dari kasus kematian tersebut. 

Amoeba ini membunuh hewan percobaan pada beberapa laboratorium pada waktu diinjeksikan intra nasal, intra vena, dan intracerebral. Organisme ini tidak membentuk cyste atau flagella dalam tubuh hospes, dan vakuolanya berisi sel debris (serpihan sel) dari hospes.

Hampir semua kasus meningoencephalitis sangat erat hubungannya dengan kolam renang atau danau. Hal ini sangat mungkin terjadi; trophoszoit masuk melalui hidung pada waktu orang menyelam dalam air. 

Setelah trophozoit masuk ke dalam hidung, amoeba ini bermigrasi sepanjang syaraf olfactorius melalui lempengan Cribiform, dan menuju kranium. Kematian disebabkan oleh kerusakan jaringan otak dengan cepat, dan hanya beberapa pasien berhasil selamat.

Related

Science 3643225391993649431

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item