Syahrazad, Wanita Bijaksana yang Melahirkan Kisah 1001 Malam


Naviri Magazine - Cerita 1001 malam tentu sudah biasa kita dengar, dan sudah akrab dengan cerita-cerita di dalamnya, seperti kisah Ali Baba, Sinbad, ataupun Aladdin. Cerita 1001 malam, yang juga sering disebut dengan judul The Arabian Nights, adalah sekumpulan cerita yang dikisahkan oleh Syahrazad.

Alkisah, seorang raja bernama Raja Syahriar, mendapati istrinya tidur seranjang dengan budaknya. Dengan rasa sakit hati, dia menghabisi keduanya. Namun yang mengherankan, pembunuhan itu tidak dapat meredam murka sang raja yang telanjur lepas kendali. Balas dendam pun menjadi obsesinya tiap malam. Dia ingin membunuh lebih banyak lagi perempuan. 

Untuk itu, dia memerintahkan wazirnya (pegawai tertinggi kerajaan) yang kebetulan adalah ayah Syahrazad, untuk menyediakan seorang gadis setiap malam. Sang raja akan mengawininya, hidup bersamanya semalam, dan menghukum mati istrinya pada keesokan harinya.

Dan begitulah yang dilakukannya selama tiga tahun. Dia telah membunuh lebih dari seratus gadis tak berdosa, hingga rakyat menyerukan perlawanan dan pengutukan terhadapnya. Para perempuan tercekam ketakutan, para ibu menangis, para orangtua melarikan anak-anak perempuan mereka, hingga tidak ada seorang perempuan muda pun di kota itu untuk dinikahi.

Akhirnya, pada suatu hari, di seluruh wilayah kerajaan tinggal dua gadis yang tersisa, yaitu Syahrazad, putri tertua sang wazir, dan adiknya, Duniazad. Ketika sang wazir pulang ke rumah dengan wajah pucat dan muram, Syahrazad bertanya pada ayahnya, masalah apa yang tengah dipikirkannya. 

Sang ayah menceritakan persoalan yang dihadapinya, dan Syahrazad bereaksi dengan cara yang tidak diduga oleh ayahnya.

Alih-alih meminta bantuan ayahnya untuk melarikan diri, dia menawarkan pergi ke istana, dan melewatkan satu malam bersama sang raja. "Aku mohon izin Ayah untuk menikah dengan Raja Syahriar," pintanya. "Bisa jadi aku akan tetap hidup, atau bisa jadi aku akan jadi tumbal."

Ayah Syahrazad, yang sangat mencintai putrinya, menentang rencana itu, dan mendesak putrinya untuk memikirkan alternatif lain. Menikahkan anaknya dengan Syahriar berarti menyerahkan anaknya pada kematian. 

Akan tetapi Syahrazad tidak seperti ayahnya, ia yakin akan kekuatan istimewa dirinya yang dapat menghentikan serangkaian pembantaian itu. Dan berniat mengobati penyakit batin sang Raja dengan menceritakan kepadanya segala peristiwa yang pernah menimpa orang-orang lain.

Syahrazad akan mengajak sang raja menjelajahi negeri-negeri yang jauh untuk mengenal cara-cara yang belum dikenalinya, hingga sang raja dapat menyadari ketidakberesan di dalam dirinya. Dia berniat membantu sang raja melihat penjara di dalam dirinya, dan kebencian obsesifnya terhadap perempuan. 

Syahrazad yakin, jika dia berhasil membawa sang raja melihat dirinya sendiri, sang raja dapat berubah dan akan lebih mencintai sesama manusia. Akhirnya, dengan terpaksa, sang ayah meluluskan permintaan Syahrazad, dan menikahkan putrinya dengan Syahriar. 

Begitu memasuki kamar Raja Syahriar, Syahrazad mulai bercerita tentang sesuatu yang sangat memikat, dan dengan sangat cerdik dia membuat cerita itu menggantung di bagian yang paling menegangkan, hingga sang raja tidak ingin berpisah dengannya keesokan harinya. 

Maka Raja membiarkan Syahrazad tetap hidup hingga malam berikutnya, hingga cerita itu dapat diselesaikan. Akan tetapi, pada malam kedua, Syahrazad mengisahkan cerita lain yang lebih seru, yang juga jauh dari selesai ketika pagi telah tiba, dan sang raja membiarkannya tetap hidup.

Hal yang sama berulang pada malam-malam berikutnya, dan begitu seterusnya, hingga seribu malam, yang berarti hampir tiga tahun, hingga sang raja tidak mampu membayangkan dapat hidup tanpa Syahrazad. Akhirnya, pasangan ini memiliki dua orang anak. Dan setelah seribu satu malam, sang raja menghentikan kebiasaan memenggal kepala perempuan.

Related

Romance 2974010208518864808

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item