Fakta-fakta Unik dan Ilmiah Seputar Kentut yang Perlu Kamu Tahu (Bagian 2)

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya ( Fakta-fakta Unik dan Ilmiah Seputar Kentut yang Perlu Kamu Tahu - Bagian 1 ...


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Fakta-fakta Unik dan Ilmiah Seputar Kentut yang Perlu Kamu Tahu - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

8. Berapa waktu yang diperlukan oleh kentut buat melakukan perjalanan ke hidung orang lain?

Tergantung kondisi udara, seperti kelembapan, suhu, kecepatan dan arah angin, berat molekul gas kentut, jarak antara transmitter dengan receiver.

Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar dan konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti mengalami pengenceran di udara dan hilang ditelan udara selama-lamanya. Kecuali kalau kamu kentut di ruang sempit, seperti lift, mobil, konsentrasinya lebih banyak, jadi baunya bakal tinggal dalam waktu lama, sampai akhirnya diserap dinding.

9. Apakah setiap orang kentut?

Sudah pasti, kalau masih hidup. Sesaat setelah meninggal pun orang masih bisa kentut.

10. Betulkah laki-laki kentut lebih sering daripada perempuan?

Tak ada kaitannya dengan gender. Kalau benar, berarti perempuan menahan kentutnya, dan saat kentut banyak sekali jumlah yang dikeluarkan.

11. Saat apa biasanya orang kentut?

Pagi hari di toilet, yang disebut “morning thunder”. Kalo resonansinya bagus, bisa kedengaran di seluruh penjuru rumah.

12. Mengapa makan kacang-kacangan menyebabkan banyak kentut?

Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tak bisa dicerna tubuh. Gula tersebut (raffinose, stachiose, verbascose) kalau mencapai usus, bakteri di usus langsung berpesta pora dan bikin banyak gas. Jagung, paprika, kubis, kembang kol, susu, juga penyebab banyak kentut (bukan baunya).

13. Selain makanan, apa aja penyebab kentut?

Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah, sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi dan muncul sebagai kentut).

14. Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul dari lain lubang?

Tidak. Sendawa muncul dari perut, komposisi kimianya lain dengan kentut. Sendawa mengandung udara lebih banyak, kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri lebih banyak.

15. Kemana perginya gas kentut kalo ditahan dan tak dikeluarkan?

Bukan diabsorbsi darah, bukan hilang karena bocor. Tapi bermigrasi ke bagian atas menuju usus, dan pada gilirannya bakal keluar juga. Jadi bukan lenyap, tapi cuma mengalami penundaan.

16. Mungkinkah kentut terbakar?

Bisa saja. Kentut mengandung metana, hidrogen yang combustible (gas alam mengandung komponen ini juga). Kalo terbakar, nyalanya berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen.

17. Bisakah menyalakan korek api dgn kentut?

Jangan mengada-ada. Ekonsistensinya lain. Juga suhunya tak cukup panas untuk memulai pembakaran.

18. Mengapa kentut anjing dan kucing lebih busuk?

Karena anjing dan kucing adalah karnivora (pemakan daging). Daging kaya protein. Protein mengandung banyak sulfur, jadi bau kentut binatang ini lebih busuk. Lain dengan herbivora seperti sapi, kuda, gajah, yang memproduksi kentut lebih banyak, lebih lama, lebih keras bunyinya, tapi relatif tak berbau.

19. Betulkah bisa teler kalau mencium bau kentut 2-3 kali berturut-turut?

Kentut mengandung sedikit oksigen, mungkin saja kamu ngalamin pusing kalau mencium bau kentut terlalu banyak.

20. Apa warna kentut?

Tak berwarna. Kalau warnanya oranye seperti gas nitrogen oksida, bakal ketauan siapa yang kentut.

21. Kentut itu apakah asam, basa, atau netral?

Asam, soalnya mengandung karbondioksisa (CO2) dan hidrogen sulfida (H2S).

22. Apa yang terjadi kalau seseorang kentut di planet Venus?

Planet Venus sudah banyak mengandung sulfur (belerang) di lapisan udaranya, jadi kentut di sana pun tak ada pengaruhnya.

Related

Science 355646495882476059

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item