Ini 7 Dampak Buruk yang Bisa Terjadi Jika Sering Melewatkan Sarapan Pagi


Naviri Magazine - Sarapan pagi adalah hal yang sangat penting dilakukan. Pasalnya, setelah semalaman tidur dan tak mengonsumsi apapun, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Sarapan juga tidak bisa dilakukan dengan menu seadanya, melainkan harus makanan bergizi yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Bila sengaja melewatkan sarapan, akan ada berbagai dampak buruk bagi kesehatan yang mungkin terjadi pada anak hingga orang dewasa.

Dilansir dari FirstCry dan KidsHealth, berikut adalah hal-hal yang mungkin terjadi bagi orang yang kerap melewatkan sarapan.

1. Metabolisme Terganggu

Makan secara teratur, termasuk tak melewatkan sarapan, bisa membuat metabolisme tubuh berjalan normal. Sedangkan jika melewatkan sarapan, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan metabolisme dan masalah hati.

2. Memicu Migrain

Jika kamu rentan terhadap migrain, melewatkan sarapan bisa membuat lebih rentan terhadap migrain. Hal tersebut karena melewatkan sarapan bisa menyebabkan kadar gula darah rendah dalam tubuh, yang pada gilirannya bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga meningkatkan kemungkinan mengalami migrain.

3. Risiko Diabetes Tipe 2

Tidak sarapan secara terus-menerus juga membuat seseorang memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian disebutkan, orang dengan sarapan teratur lebih jarang terkena diabetes tipe 2. Jadi bila ingin terhindar dari penyakit ini, sarapanlah secara teratur.

4. Fungsi Kognitif

Sarapan juga berkaitan erat dengan fungsi kognitif manusia. Dalam sebuah penelitian disebutkan, orang yang rutin sarapan memiliki fungsi kognitif yang baik. Berbeda dengan yang sering melewatkan sarapan, fungsi kognitifnya kerap terganggu.

5. Rambut Rontok

Sarapan pada dasarnya juga membantu pertumbuhan folikel rambut, terutama sarapan yang kaya protein. Jika kamu menginginkan rambut yang sehat berkilau, maka sarapanlah. 

Selain masalah-masalah kesehatan tersebut, melewatkan sarapan juga kerap dikaitkan dengan risiko kanker, penyakit jantung, penurunan energi, hingga mood. Maka, melewatkan sarapan bukan hal yang direkomendasikan.

6. Menjadikan Anak Mudah Lelah

Melewatkan sarapan, khususnya pada anak-anak, bisa membuat mereka merasa mudah lelah, gelisah, dan bahkan tersinggung, karena mood-nya memburuk. Di pagi hari, tubuh anak perlu diisi energi yang berasal dari sarapan.

Selain membuat tubuh anak berenergi, sarapan juga membantu menjaga berat badan anak-anak. Dengan sarapan, metabolisme tubuh dimulai, proses tubuh mengubah bahan bakar dalam makanan menjadi energi, dan di saat metabolisme dimulai, tubuh mulai membakar kalori.

7. Menyebabkan Konsentrasi Anak Berkurang

Penting bagi anak-anak untuk sarapan setiap hari, sebab dengan sarapan yang tepat bisa membantu meningkatkan konsentrasi, perhatian, hingga memori anak-anak agar bisa belajar dengan maksimal. Tentu saja, apa yang mereka makan di pagi hari juga penting.

Sarapan yang baik ialah sarapan yang banyak mengandung nutrisi penting, seperti kalsium, multivitamin, dan mineral lainnya. Tanpa sarapan bernutrisi, konsentrasi hingga perhatian anak bisa berkurang atau terganggu.

Related

Health 1478972760596985184

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item