Ini 7 Tempat Paling Ekstrem dan Paling Mencengangkan di Tata Surya Kita


Naviri Magazine - Sistem tata surya kita merupakan tempat berbagai kondisi ekstrem. Dalam buku berjudul The 50 Most Extreme Places in Our Solar System, David Baker dan Todd Ratcliff memaparkan di mana saja tempat-tempat yang paling unik hingga mengerikan di tata surya. 

Berikut 7 tempat paling ekstrem di tata surya kita, yaitu:

1. Planet Jupiter

Awan badai berkecepatan hingga 600 km/jam telah terjadi di Planet Jupiter selama hampir 345 tahun sejak pertama kali diamati pada tahun 1665.

2. Europa, Bulan Planet Jupiter

Europa adalah salah satu bulan planet Jupiter yang memiliki palung samudera terdalam di tata surya. Kedalamannya diperkirakan mencapai 100 km atau 10 kali lipat palung Mariana, titik terdalam di Bumi.

3. Io, Bulan Planet Jupiter

Io, salah satu bulan planet Jupiter, adalah tempat dengan tingkat vulkanisme tertinggi di tata surya. Seluruh permukannya dipenuhi gunung berapi aktif.

4. Planet Saturnus

Sambaran petir dan kilat di planet Saturnus berkekuatan hingga 1.000 kali lipat petir yang terjadi di bumi.

5. Hyperion, Bulan Planet Saturnus

Hyperion adalah salah satu bulan yang dimiliki planet Saturnus, berotasi secara tidak beraturan. Hal ini mengakibatkan waktu siang dan malam di bulan tersebut tidak pernah sama tiap harinya.

6. Planet Uranus dan Neptunus

Para peneliti mengeluarkan teori bahwa reaksi kimia yang terjadi di atmosfer Planet Uranus dan Neptunus akan menghasilkan hujan berlian di seluruh permukaan planet.

7. Planet Venus

Dengan suhu permukaan yang mencapai 460 derajat celcius, menjadikan Planet Venus sebagai tempat paling panas di tata surya.

Related

Science 1310342422393738875

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item