Inilah 10 Orang Terkaya Dunia Tahun 2021 dan Jumlah Hartanya (Bagian 1)


Naviri Magazine - Ada berita mengejutkan pada tahun 2020 dimana posisi orang terkaya di dunia bergeser dari Jeff Bezos ke Elon Musk. 

Elon Musk, seperti yang sudah banyak diketahui, adalah Tony Stark di dunia nyata. Dia berhasil menggeser Jeff Bezos yang merupakan pendiri Amazon. Lalu bagaimana dengan posisi lainnya? Apakah terjadi perubahan atau tetap sama? Berikut 10 daftar orang terkaya untuk tahun 2021, dimulai dari nomor 10.

10. Mukesh Ambani - 78,0 Miliar USD

Di urutan 10 daftar orang terkaya dunia tahun 2021 diisi oleh Mukesh Ambani. Ia meripakan seorang pebisnis terkenal yang berasal dari India. Sudah berusia 63 tahun, Mukesh Ambani masih mampu mengurus perusahaan shareholder Reliance Industries Ltd. Di perusahaan tersebut terdapat lebih kurang 500 perusahaan ternama yang ada di India.

Mukesh Ambani memiliki total kekayaan sebesar 78,0 miliar USD. Dirinya diketahui memiliki ketertarikan sangat besar di bidang petrochemical, minyak, gas, telecom, dan retail. 

Perusahaan Reliance yang ia pegang sebenarnya merupakan perusahaan yang diturunkan oleh ayahnya yaitu Dhirubhai Ambani. Setelah ayahnya meninggal di tahun 2002, perusahaannya tersebut dibagi-bagi kepada anaknya, termasuk salah satunya adalah Mukesh Ambani.

9. Larry Page - 78,6 Miliar USD

Ketika ingin mencari suatu informasi di internet, mesin pencari yang paling sering dijumpai adalah Google. Selain sebagai mesin pencari, Google juga bisa digunakan sebagai cloud computing, software, hardware, email, dan lain sebagainya. 

Karena begitu banyak fungsi, akan sulit bagi seseorang untuk tidak menggunakan Google. Terima kasih sebesar-besarnya diberikan pada pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin,

Tapi yang berhasil mencatatkan namanya dalam daftar orang terkaya dunia adalah sosok Larry Page. Di penghujung tahun 2019, Larry Page memutuskan untuk melepaskan posisinya dari Google. Mengira ini adalah suatu keputusan yang buruk, ternyata Larry tetap melakukan sejumlah inovasi dan tetap berada dalam Alphabet sebagai anggota dewan, karyawan, sekaligus pemegang saham.

8. Larry Ellison - 86,6 Miliar USD

Di tahun 1977 berdiri sebuah perusahaan multinasional yang dikenal dengan nama Oracle Corporation. Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi ini didirikan oleh 3 orang yaitu Larry Ellison, Bob Miner, Ed Oates. Oracle menciptakan software database yang dimana digunakan oleh banyak perusahaan besar.

Pria pemilik nama lengkap Lawrence Joseph Ellison ini memiliki posisi sebagai executive chairman dan chief technologi officer di Oracle. Di luar Oracle, Ellison dikenal sebagai business magnate, investor, dan juga dermawan. Dirinya termasuk dalam sedikit orang yang kekayaannya sedikit banyak tidak berubah dan membuatnya tetap bertahan dalam daftar orang terkaya dunia.

7. Warren Buffett - 88,7 Miliar USD

Berkshire Hathaway merupakan perusahaan holding multinasional asal Amerika yang berisikan banyak konglomerat dunia. Pendirinya adalah Oliver Chace dan yang menjadi CEO nya pada tahun 1970 hingga sekarang adalah Warren Buffet. Buffet berhasil mempertahankan namanya dalam daftar orang terkaya dunia selama beberapa.

Di tahun 2021 ini, kekayaannya tercatat mencapai angka 88,7 miliar USD. Membuatnya berada pada posisi ke-7 dalam daftar. Meski umurnya sudah tua, Buffet merupakan pebisnis yang jenius. Dia selalu berinvestasi pada hal-hal yang out of the box. Beberapa saham besar yang ia miliki antara lain seperti Coca-Cola, American Airlanes, Southwest, dan Delta.

6. Zhong Shanshan - 90,7 Miliar USD

Semua pengusaha pasti memulai karirnya dari 0. Sama halnya yang dilakukan oleh Zhong Shanshan. Pengusaha kaya raya asal China ini sempat bekerja sebagai pekerja konstruksi dan reporter berita. Sampai akhirnya ia mendirikan perusahaan sendiri bernama Nongfu Spring. Nongfu Spring merupakan perusahaan minuman terbesar yang ada di China.

Tentu memiliki satu perusahaan akan sulit untuk membuat namanya masuk dalam daftar nama orang terkaya dunia. Zhong Shanshan juga memiliki perusahaan lain yang bergerak di bidang kesehatan yaitu Beijing Wantai Biological. 

Di perusahaan ini, Zhing Shanshan berkedudukan sebagai chairman. Ditotal-total, kekayaan yang dimiliki oleh Zhong Shanshan mencapai 90,7 miliar USD.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Orang Terkaya Dunia Tahun 2021 dan Jumlah Hartanya (Bagian 2)

Related

Business 3194799604163078894

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item