Inilah Jenis-jenis Ras Kucing Paling Terkenal di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Kucing adalah hewan peliharaan paling populer di dunia. Kucing telah hidup bersama dengan manusia setidaknya selama 9.500 tahun, dan hewan ini dianggap relatif aman untuk dipelihara. 

Selain itu, memelihara kucing juga tidak memerlukan perawatan yang sulit atau mahal. Kucing hanya membutuhkan makanan yang cukup dan rutin, serta tempat yang terlindung. 

Berikut ini jenis-jenis ras kucing paling terkenal di dunia, yang perlu kita tahu.

Persian cat

Persian cat atau kucing Persia memiliki wajah bulat dan moncong pendek, dengan bulu-bulu panjang. Sebagaimana namanya, kucing ini berasal dari Persia, dan merupakan salah satu ras paling tua sekaligus paling terkenal di dunia.

Pada akhir abad ke-19, ras kucing ini dikembangkan pertama kali di Inggris, terutama oleh peternak Amerika setelah Perang Dunia II. Meski kucing ini memiliki harga yang tinggi sekaligus perawatan dan peliharaan yang cukup, namun penampilan cantik kucing ini memikat banyak orang. 

Kucing Persia memiliki bulu-bulu lebat yang kadang sampai tumbuh hingga sepanjang 3 inci, dan hal itu menjadikan kucing ini sangat indah. Untuk perawatan dan pemeliharaan, kucing Persia membutuhkan lingkungan yang aman dan nyaman.

Siamese cat

Siamese cat atau kucing siam adalah salah satu anggota kucing Oriental breeds. Asal kucing ini tidak diketahui, namun diyakini berasal dari Asia Tenggara. 

Kucing cantik ini memiliki tubuh yang ramping dan berotot, kepala berbentuk segitiga dengan moncong yang tipis, dan penampilan keseluruhannya tampak elegan. Matanya berbentuk seperti buah almond, sementara bulu-bulunya pendek, halus, lembut, dan melingkupi seluruh bagian tubuh.

Kucing ini seperti menyadari penampilannya yang rupawan, dan ia selalu suka menjadi pusat perhatian. Mereka memiliki suara yang terdengar seperti serak, dan selalu senang jika diajak bercakap-cakap. Dianggap sebagai kucing yang cerdas, siamese cat sangat senang dibelai, dan sangat setia pada tuannya.

The maine coon cat

Seperti namanya, Maine Coon benar-benar kucing “bule”, dalam arti memiliki penampilan yang tegap, dengan struktur tulang yang besar dan bentuk tubuh persegi. Hewan ini memiliki bulu-bulu yang panjang di sekujur tubuhnya, dan memiliki berbagai warna yang beragam tergantung spesiesnya. Di antara kucing lain, Maine Coon adalah salah satu jenis kucing yang paling banyak di dunia.

Kucing Maine Coon jantan rata-rata memiliki berat tubuh antara 12 sampai 18 pon, sementara yang betina memiliki bobot antara 10 sampai 14 pon. Mereka kuat namun lembut, dan tidak memerlukan banyak perawatan sebagaimana halnya kucing Persia.

Abyssinian cat

Abyssinian cat atau kucing Abissinia adalah salah satu kucing yang banyak dipelihara di Amerika Serikat. Kucing ini tidak jelas asal-usulnya, namun dipercaya berasal dari Mesir.

Berbeda dengan jenis kucing-kucing lainnya, Abyssinian cat memiliki bulu-bulu tubuh yang istimewa, karena setiap rambut pada bulunya memiliki tiga hingga empat warna. Bulunya cukup panjang sekaligus padat, dan tubuhnya pun terasa sangat lembut jika disentuh. Mereka sangat aktif sekaligus lucu, sehingga menjadi salah satu ras kucing paling populer di dunia. 

Ragdoll Cat

Ragdoll cat pertama kali dikembangkan di Amerika oleh peternak kucing terkenal, Ann Baker. Nama “Ragdoll” diambil dari ciri kucing ini yang terasa lembut dan lentur ketika diangkat atau digendong.

Kucing ini memiliki bentuk tubuh yang kokoh, dengan kaki yang cukup besar namun proporsional. Sepasang matanya berwarna biru, dengan bulu-bulu yang lembut sekaligus halus. Kucing ini juga sangat jinak serta menyenangkan, sehingga menjadi salah satu ras kucing yang banyak dipelihara. 

Hanya saja, kucing ini kurang mampu melindungi dirinya sendiri, misal dari serangan hewan lain, sehingga pemeliharanya harus waspada jika ia sampai keluar rumah.

Baca lanjutannya: Inilah Jenis-jenis Ras Kucing Paling Terkenal di Dunia (Bagian 2)

Related

Science 5703240693346032617

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item